Jejak Kuliner Elod yang Ramah Lingkungan, Lawas dan Khas Cirawamekar Bandung Barat

- Senin, 25 Juli 2022 | 18:59 WIB
Salah satu yang menarik adalah makanan khas Desa Cirawamekar, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat bernama elod. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Salah satu yang menarik adalah makanan khas Desa Cirawamekar, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat bernama elod. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

Salah satu yang menarik adalah makanan khas Desa Cirawamekar, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, bernama elod.

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Kabupaten Bandung Barat (KBB) terkenal akan kuliner yang beragam jenis dan aneka cita rasanya. Bahkan dari satu bahan pokok saja, bisa menghasilkan bermacam-macam kuliner.

Sejak dulu, kreativitas warga KBB membuat makanan seperti tak ada habisnya. Sebagai contoh makanan berbahan baku singkong. Kudapan yang dihasilkan dari bahan ini begitu kaya. Mulai dari kripik, tape (peuyeum), ketimus, comro, serta lainnya.

Makan itu tersebar di beberapa daerah. Tak cuma punya rasa khas, tapi juga menjadi warisan kekayaan budaya karena bertali erat dengan kehidupan sosial. Mulai dari keunikan teknik pembuatan, kecocokan pangan di satu daerah, teknologi alat-alat yang dipakai, hingga peruntukan serta latar belakang makanan tersebut dibuat.

Salah satu yang menarik adalah makanan khas Desa Cirawamekar, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat bernama elod.

Camilan yang berbahan singkong ini diracik memanfaatkan cairan "limbah" dari hasil pengolahan tepung tapioka.

Sistem pembuatan elod merupakan warisan nenek moyang yang punya semangat menjaga keberlanjutan (sustainability) lingkungan, karena mengurangi limbah cair pembuatan tepung masuk sungai.

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Malam di Lengkong Kecil, Cicip Ragam Jajanannya!

"Jadi elod ini terbuat dari ampas cair pengolahan tepung singkong. Kita gak buang, tapi diolah lagi menjadi cemilan," kata Iis (40) salah satu perajin kuliner elod di Kampung Cibitung RT 01 RW 14, Desa Cirawamekar, Kecamatan Cipatat, Senin 25 Juli 2022.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X