Travel Pattern Objek Wisata Karimunjawa Siap Dikembangkan

- Rabu, 29 Juni 2022 | 11:33 WIB
Travel pattern objek wisata Karimunjawa siap dikembangkan.
Travel pattern objek wisata Karimunjawa siap dikembangkan.

AYOBANDUNG.COM -- Keragaman potensi wisata di daerah Karimunjawa yang sangat besar dan mengutamakan bentang alam di daratan maupun di lautan membuat industri pariwisata memperoleh peluang besar. Keanekaragaman hayati yang berada di Karimunjawa yang meliputi wisata alam laut ini perlu untuk dikembangkan agar menjadi objek wisata berskala internasional

Oleh karena itu, Pada Senin, 10 Mei 2021, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan melalui sebuah diskusi virtual  kepada bupati Jepara untuk menyiapkan rencana pemasaran destinasi wisata di Karimunjawa secara terintegrasi.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk kemajuan pariwisata di Karimunjawa adalah pola perjalan wisatawan atau travel pattern. Sandiaga Uno mengatakan, dengan dibuatnya travel pattern ini nantinya akan dapat menjadi guidance atau sebuah panduan untuk para travel agent ketika menyusun produk-produk paket wisata di Karimunjawa.

Sehingga hal tersebut nantinya akan semakin memperkuat destinasi-destinasi wisata yang berlokasi di Karimunjawa dan mendukung biro wisata lokal yang ada di Karimunjawa seperti dalam hal untuk pembuatan paket wisata Karimunjawa.

“Tidak hanya wisatanya, tapi juga produk kreatif dan digital yang ada di sana harus digarap,” kata dia.

Pengembangan Wisata yang Tetap Memperhatikan Fungsi

Secara keseluruhan, kawasan Karimunjawa ini memang sangatlah perlu untuk dilakukan upaya pengembangan yang terencana namun tanpa menghilangkan fungsi aslinya yakni sebagai pelindung serta pelestari lingkungan.

Setidaknya ada enam komponen utama di dalam rencana pengembangan pariwisata di Karimunjawa yang perlu untuk diperhatikan, diantaranya adalah pola persediaan spasial,  pola permintaan spasial, kondisi geografis obyek wisata, arus dan pergerakan wisatawan, dampak pariwisata, dan menyangkut model-model pengembangan potensi obyek wisata yang ada.

Program Unggulan Wisata di Karimunjawa

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X