Daging Sapi PMK Bisa Dimakan? Bahaya Jika Lewatkan Hal Ini

- Selasa, 28 Juni 2022 | 16:50 WIB
Apakah daging sapi PMK bisa dimakan? Hal ini barangkali menjadi keresahan orang-orang saat ini menjelang kurban Idul Adha 2022. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Apakah daging sapi PMK bisa dimakan? Hal ini barangkali menjadi keresahan orang-orang saat ini menjelang kurban Idul Adha 2022. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Apakah daging sapi PMK bisa dimakan? Hal ini barangkali menjadi keresahan orang-orang saat ini menjelang kurban Idul Adha 2022.

Wabah PMK telah tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia. Di Kota Bandung sendiri, penyakit mulut dan kuku pada hewan ini sudah menyebar di beberapa kecamatan.

Adapun kecamatan yang pertama kali ditemukan adanya kasus PMK di Babakan Ciparay.

Baca Juga: Percepatan Penularan Wabah PMK di Bandung Barat Capai 225 Ekor Ternak per Hari

Saat ini, Pemerintah Kota Bandung memprioritaskan vaksin PMK untuk sapi perah, sapi indukan, dan sapi bibit.

Adapun sapi kurban tidak diberikan vaksin.

"Kalau untuk sapi kurban itu diperiksa dan nanti kalau dinyatakan sehat itu diberi barcode. Di barcode itu nanti dengan aplikasi e-selamat, jadi enggak bisa dituker-tuker karena ada foto sapinya, pemiliknya, ada histori, dari si sapinya dari mana," ujar Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Senin, 27 Juni 2022.

Baca Juga: Antisipasi PMK, DKPP Kota Bandung Siapkan Petugas Pengawas Hewan Kurban

Sementara itu, kecamatan yang diprioritaskan agar sapi di sana mendapatkan vaksin adalah Kecamatan Babakan Ciparay, Cibiru, dan Bandung Kulon.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X