Mengenal Kopi Asli dari Ciwidey, dari Sejarah hingga Tempat Menikmatinya

- Rabu, 22 Juni 2022 | 19:53 WIB
Kopi Ciwidey menjadi salah satu kopi asal Jawa Barat yang mendunia dan terkenal dengan rasa yang kaya, serta aroma yang khas. (Istimewa)
Kopi Ciwidey menjadi salah satu kopi asal Jawa Barat yang mendunia dan terkenal dengan rasa yang kaya, serta aroma yang khas. (Istimewa)

Kopi Ciwidey menjadi salah satu kopi asal Jawa Barat yang mendunia dan terkenal dengan rasa yang kaya, serta aroma yang khas.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Berbicara soal kopi terbaik, setiap orang pasti memiliki preferensi tersendiri untuk memilih kopi mana yang menjadi kopi favorit untuk dinikmati kala melakukan aktivitas yang sedang dilakukan, baik itu bekerja, diskusi, maupun sekedar ngobrol bersama teman ditemani secangkir kopi.

Dari banyaknya jenis kopi asal Indonesia yang sudah mendunia, ada salah satu kopi asal Jawa Barat yang diakui dunia akan cita rasa yang istimewa.

Ya, kopi Ciwidey menjadi salah satu kopi asal Jawa Barat yang mendunia dan terkenal dengan rasa yang kaya, serta aroma yang khas.

Di Gunung Tambakruyung di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung kopi yang ditanam dilahan sekurangnya 200 hektare itu menghasilkan kopi yang ketika diseduh tercium adalah aroma kacang-kacangan, bunga, buah, palm sugar, dan sedikit herbal.

Sensasi rasa seperti karamel mentega, serta manis cokelat akan ditemui di tipe biji kopi ini. Dengan karakter body yang kuat, kopi Ciwidey dinilai sebagian pecinta terasa menyegarkan dengan rasa akhir yang lembut dan tahan lama.

Baca Juga: Petani Bandung Barat Budidaya Kopi Liberika dari Sisa Peninggalan Belanda

Namun, pernahkah anda mencoba kopi tersebut? Selain mendatangi langsung petani kopi Ciwidey untuk melihat proses pembuatan hingga menikmati secangkir minuman hitam tersebut, warga kota Bandung bisa mendatangi cafe atau tempat nongkrong yang tersebar di Kota Bandung.

Salah satunya MAXX Coffe, terletak di Jalan Buah Batu, masyarakat Bandung yang ingin menikmati secangkir kopi Ciwidey tak perlu jauh-jauh mendatangi kawasan pegunungan yang terkenal dengan keindahan alamnya tersebut.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X