2 Perubahan pada Kaki Bisa Tunjukan Gejala Kolesterol Tinggi, Cermati Sekarang

- Rabu, 22 Juni 2022 | 17:24 WIB
2 Perubahan pada Kaki Bisa Tunjukan Gejala Kolesterol Tinggi, Cermati Sekarang. ilustrasi nyeri (Batamxinwen.com)
2 Perubahan pada Kaki Bisa Tunjukan Gejala Kolesterol Tinggi, Cermati Sekarang. ilustrasi nyeri (Batamxinwen.com)

gejala kolesterol tinggi patut diwaspada. Ciri kolesterol tinggi ini bisa diamati dengan adanya dua perubahan pada kaki. Cermati sekarang

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kolesterol tinggi sering kali tak memunculkan gejala, seperti halnya tekanan darah tinggi. Akan tetapi, beberapa perubahan pada kaki dapat memberikan petunjuk mengenai adanya kolesterol tinggi.

Salah satu dari perubahan tersebut adalah pembengkakan pada kaki. Pembengkakan ini bisa terjadi di buku-buku jari, lutut, atau tendon Achilles atau di belakang pergelangan kaki.

Akan tetapi, pembengkakan pada kaki ini hanya berkaitan dengan kondisi bernama hiperkolesterolemia familial. Hiperkolesterolemia familial merupakan kolesterol tinggi yang disebabkan oleh faktor keturunan. Meski kondisi ini sudah ada sejak kelahiran, gejala atau masalah yang berkaitan dengan kolesterol tinggi mungkin akan muncul di kemudian hari.

Baca Juga: Tunjangan Sertifikasi Guru Dihapus Saat Kurikulum Merdeka Berlaku? Cek Faktanya

Orang-orang yang mengidap hiperkolesterolemia familial memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit jantung. Selain itu, hiperkolesterolemia familial juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung dini.

Kolesterol tinggi juga dapat memicu terjadinya penyakit arteri perifer (PAD). Bila PAD sudah terjadi, sebagian gejalanya juga dapat terlihat di area kaki karena kondisi ini menyebabkan aliran darah ke kaki jadi terhambat.

Gejala PAD atau gejala kolesterol tinggi pada kaki biasanya terjadi di kedua belah sisi di waktu yang sama. Beberapa dari gejala tersebut adalah hilangnya rambut di kaki, kuku kaki yang rapuh atau tumbuh secara lambat, luka yang sulit sembuh di kaki, perubahan warna pada kaki, biasanya menjadi pucat atau kebiruan, dan kulit kaki terlihat mengkilap.

Baca Juga: Oppo Reno 7A Resmi Rilis, Bawa Snapdragon 695 Berapa Harganya?

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB

Roti Enak Ini Tingkatkan Risiko Kematian

Senin, 20 Juni 2022 | 13:56 WIB
X