Mimisan Tanda Tekanan Darah Tinggi yang Mengancam Nyawa?

- Selasa, 21 Juni 2022 | 14:24 WIB
Mimisan Tanda Tekanan Darah Tinggi Mengancam Nyawa? (Pixabay)
Mimisan Tanda Tekanan Darah Tinggi Mengancam Nyawa? (Pixabay)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Barangkali setiap orang pernah mimisan. Namun, jika terlalu sering dan disertai sakit kepala dan sakit lainnya, apakah itu tanda nyawa Anda terancam?

Banyak pendapat soal penyebab mimisan hingga dianggap sebagai tanda ada pembuluh darah yang pecah.

Lantas, mana yang benar terkait anggapan mimisan tersebut?

Baca Juga: 5 Tips Turunkan Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat, Salah Satunya Rutin Olahraga

Topik perdebatan apakah tekanan darah tinggi menyebabkan peningkatan risiko mimisan atau tidak, masih terjadi hingga kini. Meskipun tekanan darah tinggi tidak diketahui secara langsung menyebabkan mimisan, namun ada kemungkinan hal itu dapat menyebabkan pembuluh darah di hidung lebih rentan terhadap kerusakan dan meningkatkan waktu perdarahan.

Dalam studi yang dilakukan pada 2020, para peneliti menggunakan data dari Layanan Asuransi Kesehatan Nasional Korea untuk memeriksa risiko mimisan pada orang dengan tekanan darah tinggi. Mereka memeriksa partisipan yang tergabung dalam sebuah kelompok yang berisi 35.749 orang.

Para peneliti menemukan orang dengan riwayat hipertensi memiliki peningkatan risiko mimisan yang membutuhkan kunjungan rumah sakit dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Sementara, menurut American Heart Association, tekanan darah tinggi tidak menyebabkan mimisan kecuali jika Anda memiliki tekanan darah yang sangat tinggi yang disebut krisis hipertensi.

Krisis hipertensi adalah lonjakan tiba-tiba tekanan darah melebihi 180/120 mm Hg yang dapat mengancam jiwa. Ini adalah keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan medis segera.

Saat tekanan darah mencapai level tersebut, Anda berisiko tinggi mengalami kerusakan pembuluh darah. Hal tersebut dapat menyebabkan kondisi serius seperti serangan jantung, strok, kerusakan ginjal, eklamsia, kerusakan mata, dan edema paru.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB

Roti Enak Ini Tingkatkan Risiko Kematian

Senin, 20 Juni 2022 | 13:56 WIB
X