Daftar Buah Penurun Tekanan Darah dan Kolesterol, Sudah Diteliti dan Ampuh!

- Rabu, 8 Juni 2022 | 16:45 WIB
Daftar Buah Penurun Tekanan Darah dan Kolesterol, Sudah Diteliti dan Ampuh! (Freepik)
Daftar Buah Penurun Tekanan Darah dan Kolesterol, Sudah Diteliti dan Ampuh! (Freepik)

Simak daftar buah penurun tekanan darah dan kolesterol. Tak hanya terkenal mengandung nutrisi penting tapi juga menjaga kesehatan jantung.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Buah-buahan terkenal mengandung nutrisi penting yang menjaga kecukupan gizi dan membuat tubuh makin berenergi. Tak hanya itu, beberapa buah, khususnya jenis beri, sangat baik untuk jantung karena dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Stroberi, blueberry, blackberry, raspberry, dan buah beri lainnya kaya akan antioksidan seperti anthocyanin. Sejumlah penelitian selama bertahun-tahun telah memperlihatkan manfaat buah beri dalam hal menjaga kesehatan jantung. Ini termasuk analisis 22 laporan ilmiah yang membuktikan bahwa konsumsi buah beri terkait dengan perbaikan tekanan darah dan kadar kolesterol.

"Buah beri kaya akan sejumlah polifenol, termasuk procyanidins, quercetin, asam fenolik, dan khususnya anthocyanin," kata laporan yang disusun oleh para peneliti di tiga rumah sakit di China, dikutip laman Express.co.uk, Selasa (7/6/2022).

Baca Juga: Oppo Reno 7 sampai Oppo Terbaru 2022, Cek 21 HP Oppo Terbaru Periode Juni di Sini

Bukti yang terkumpul bahwa buah penurun tekanan darah dan kolesterol tersebut telah menunjukkan bahwa konsumsi buah beri menunjukkan berbagai aktivitas biologis dalam menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (CVD), termasuk anti-inflamasi, antihipertensi, hipoglikemik, antikoagulan, dan peningkatan gangguan metabolisme lipid. Sebagai bagian dari penelitian, 22 uji coba terkontrol secara acak, yang memantau reaksi lebih dari 1.200 orang terhadap berbagai buah beri, termasuk raspberry, blueberry, dan cranberry.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports menjelaskan bahwa hasil yang dikumpulkan menunjukkan bahwa konsumsi beri secara signifikan menurunkan kolesterol jahat (low-density lipoprotein) dan tekanan darah sistolik. Asupan beri juga bermanfaat dalam mengendalikan glukosa puasa, indeks massa tubuh, hemoglobin, dan faktor nekrosis tumor. Namun, tidak ada perubahan signifikan yang terlihat pada penanda lain.

Baca Juga: Gaji ke 13 PNS 2022 dan Pensiunan Naik 50 Persen dan Cair Tanggal Ini? Cek di Sini

"Analisis subkelompok kami menunjukkan bahwa produk beri dapat digunakan sebagai pilihan tambahan baru yang efektif dan aman untuk mencegah dan mengendalikan penyakit kardiovaskular dengan lebih baik pada subjek dengan faktor risiko kardiovaskular."

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X