Ini Beda Cacar Monyet dengan Cacar Air

- Selasa, 24 Mei 2022 | 17:38 WIB
Petugas medis menyuntikkan vaksin. Sebagian orang mungkin mengira cacar monyet (monkeypox) tidak jauh beda dengan cacar air. Pasalnya, kedua penyakit itu tampak mirip. (Ayobandung.com/Robby Fathan/Magang)
Petugas medis menyuntikkan vaksin. Sebagian orang mungkin mengira cacar monyet (monkeypox) tidak jauh beda dengan cacar air. Pasalnya, kedua penyakit itu tampak mirip. (Ayobandung.com/Robby Fathan/Magang)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sebagian orang mungkin mengira cacar monyet (monkeypox) tidak jauh beda dengan cacar air.

Pasalnya, kedua penyakit itu tampak mirip. Namun, sebenarnya kedua penyakit ini berbeda dari sisi jenis virus dan cara penularannya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) melalui lamannya mengatakan cacar monyet disebabkan virus zoonosis langka yang ditularkan dari hewan ke manusia. Media penularannya antara lain kontak darah, cairan tubuh, lesi kulit, atau mukosa hewan yang terinfeksi.

Sementara cacar air disebabkan virus Varicella zoozter dan biasanya ditularkan melalui pernapasan dan kontak langsung dengan lesi orang yang terinfeksi.

Baca Juga: Kembali Terjerat Narkoba, Gary Iskak Ditangkap di Bandung

Penderita jenis cacar monyet yang endemik di desa-desa Afrika Tengah dan Barat itu biasanya mengalami sejumah gejala yang berlangsung 14-21 hari. Gejala ini antara lain demam, sakit kepala hebat, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit punggung, mialgia (nyeri otot) dan asthenia yang intens (kekurangan energi).

Penderita juga biasanya mengalami ruam kulit di wajah dan menyebar di tempat lain di tubuh. Ruam umumnya diiikuti munculnya kerak.

Sementara gejala penderita cacar air relatif sama seperti demam, nafsu makan berkurang, dan mual. Mereka juga umumnya memiliki ruam merah kecil di beberapa bagian tubuhnya dan gatal. Ruam ini muncul 10 hingga 21 hari setelah terpapar virus dan biasanya berlangsung sekitar lima hingga 10 hari.

Baca Juga: Terwujudnya Satu Data Kependudukan Indonesia

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB
X