Psikolog Paparkan Penyebab Kecanduan Game Online

- Senin, 16 Mei 2022 | 21:38 WIB
Ilustrasi anak kecanduan gawai. Banyak orang tua khawatir karena tidak tahu penyebab kecanduan game online pada anak, remaja, bahkan orang dewasa.  (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Ilustrasi anak kecanduan gawai. Banyak orang tua khawatir karena tidak tahu penyebab kecanduan game online pada anak, remaja, bahkan orang dewasa. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Banyak orang tua khawatir karena tidak tahu penyebab kecanduan game online pada anak, remaja, bahkan orang dewasa

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Ada sejumlah hal yang bisa didapat seorang remaja dari bermain online game. Salah satunya dalam hal kompetensi.

Klaim atas hal itu dipaparkan oleh Psikolog klinis Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya, Nanda Rossalia, M.Psi.

"Alasan remaja bermain game untuk menunjukkan kompetensi mereka. Balik lagi ke identitas. Menangin permainan, saya tangguh dan kompeten. Berbeda dengan di dunia nyata, nilai saya jelek. Sesuai karakteristik remaja, dia mau untuk building karena ini nanti berguna untuk confident-nya," ujar dia dalam webinar Remaja dan Gawai yang diselenggarakan Komunitas Guru Satkaara Berbagi (KGSB).

Hal lain yang bisa didapat saat bermain game online yakni dalam hal otonomi yakni suatu hal yang amat dibutuhkan bahkan diimpikan oleh seorang remaja dan ini belum tentu dia peroleh di dunia nyata.

Menurut Nanda, bermain game online memberi kesempatan dan kebebasan pada remaja untuk memilih serta mengambil keputusan atau langkah yang harus diambil.

Baca Juga: Daftar Harga Pemain Persib Termahal Tahun 2022

Di sisi lain, game online juga mampu mengisi kebutuhan untuk berinteraksi, terkoneksi dan mendapat perhatian orang lain yang ini mungkin tidak didapatkan remaja di dunia nyata. Pada akhirnya, karena setidaknya tiga kebutuhan dasar sudah mereka dapatkan, maka ini kemudian membuat mereka nyaman dan terlarut di dalamnya. Sementara di dunia nyata, para remaja justru merasa tak mendapatkannya.

"Karena online game mampu memberikan kebutuhan dasar, sehingga tidak heran kalau remaja larut. 'Di sinilah saya diterima. Inilah kompetensi saya'. (online game) ini bisa memberikan rasa nyaman dan teman," tutur Nanda.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X