Kaitan Hepatitis Misterius dengan Vaksin Covid-19, Prof Hanifah Oswari: Tidak Ada Bukti

- Jumat, 6 Mei 2022 | 08:46 WIB
Kaitan Hepatitis Misterius dengan vaksin Covid-19, Prof Hanifah Oswari: tidak ada bukti  (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)
Kaitan Hepatitis Misterius dengan vaksin Covid-19, Prof Hanifah Oswari: tidak ada bukti (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)

LENGKONG,AYOBANDUNG.COM -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan tegas membantah adanya kaitan antara kasus Hepatitis Misterius pada anak dengan pemberian vaksin Covid-19.

Belakangan ini beredar luas rumor adanya kaitan antara kasus Hepatitis Misterius pada anak dengan pemberian vaksin Covid-19 dikarenakan kasus Hepatitis Misterius yang terjadi kebetulan bersamaan dengan gencarnya pemberian vaksin Covid-19 saat ini di Indonesia.

Rumor ini beredar luas di masyarakat dan menimbulkan keresahan serta keraguan untuk diberikan vaksin Covid-19 yang saat ini sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh Pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Jadwal Acara RCTI 6 Mei 2022, Ada Film Si Jago Merah hingga Air & Api Box Office Indonesia Spesial Lebaran

Adanya rumor yang mengaitkan antara kasus Hepatitis Misterius pada anak dengan pemberian vaksin Covid-19 berdasarkan pada laporan yang disampaikan oleh WHO pada April 2022 lalu.

WHO melaporkan dari 176 kasus yang dilaporkan oleh 13 negara (termasuk Indonesia) Adenovirus terdeteksi pada 74 kasus dan teridentifikasi sebagai F type 41, SARS-CoV-2 terdeteksi pada 20 kasus, serta ko-infeksi SARS-CoV-2 dan Adenovirus terdeteksi pada 19 kasus.

Kemenkes pun membantah adanya kaitan antara kasus Hepatitis Misterius pada anak dengan pemberian vaksin Covid-19 melalui pernyataan pada konferensi pers yang diselenggarakan kemarin, 5 Mei 2022 di Jakarta.

Baca Juga: Kemenkes: Tidak Ada Bukti Vaksinasi COVID-19 Dapat Picu Hepatitis Akut Pada Anak

Prof. Hanifah Oswari menyampaikan bahwa sampai saat ini belum ada bukti yang menunjukkan adanya kaitan antara kasus Hepatitis Misterius pada anak dengan pemberian vaksin Covid-19, melainkan adanya kejadian yang koinsiden (bersamaan).

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Onani yang Dibolehkan Islam, Anda Dibolehkan?

Kamis, 7 Juli 2022 | 20:08 WIB

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB
X