Waspada Gejala dan Tips Mencegah Hepatitis Misterius pada Anak

- Kamis, 5 Mei 2022 | 07:45 WIB
Waspada gejala dan tips mencegah Hepatitis Misterius pada anak (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)
Waspada gejala dan tips mencegah Hepatitis Misterius pada anak (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM - Kementerian Kesehatan Indonesia telah menerbitkan surat edaran terkait kewaspadaan terhadap wabah Hepatitis Misterius yang telah menghebohkan dunia sejak dipublikasikan oleh WHO pada 15 April 2022 lalu.

Kementerian Kesehatan Indonesia pun membagikan cara mengenali gejala Hepatitis dan tips mencegah Hepatitis misterius tersebut selama masa investigasi kasus masih berlangsung.

Hepatitis Misterius merupakan Hepatitis akut yang tidak diketahui etiloginya (penyebabnya). Hepatitis misterius ini telah menyerang anak-anak di Eropa, Amerika, dan Asia.

Baca Juga: Apakah Hepatitis Penyakit Menular Seksual? Ini Penjelasan dan Tips Amannya

Usia anak penderita Hepatitis Misterius antara 1 bulan hingga 16 tahun. Tujuh belas diantaranya memerlukan transplantasi hati dan 4 kasus dilaporkan telah meninggal (termasuk kasus di Indonesia).

Berikut ini akan diuraikan gejala dan tips mencegah Hepatitis misterius pada anak. Simak pembahasannya di sini.

Jumlah Kasus Hepatitis Misterius

Per 30 April 2022 telah tercatat sebanyak 176 kasus yang dilaporkan oleh 13 negara, yaitu Inggris sebanyak 114 kasus, Spanyol 13 kasus, Israel 12 kasus, Amerika 9 kasus, Denmark 6 kasus, Irlandia 5 kasus, Belanda 4 kasus, Italia 4 kasus, Indonesia 3 kasus, Norwegia 2 kasus, Perancis 2 kasus, Romania 1 kasus, dan Belgia 1 kasus.

Baca Juga: Cara Mencegah Penularan Hepatitis Akut Misterius, Orang Tua Wajib Tahu

Penyebab Hepatitis Misterius

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X