Cara Mencegah Penularan Hepatitis Akut Misterius, Orang Tua Wajib Tahu

- Rabu, 4 Mei 2022 | 13:15 WIB
Ada beberapa cara untuk mencegah Penularan hepatitis akut misterius, yang saat ini banyak menjangkiti anak-anak.  (Pixabay)
Ada beberapa cara untuk mencegah Penularan hepatitis akut misterius, yang saat ini banyak menjangkiti anak-anak. (Pixabay)
 
AYOBANDUNG.COM -- Ada beberapa cara untuk mencegah Penularan hepatitis akut misterius, yang saat ini banyak menjangkiti anak-anak
 
Seperti diketahui, Badan Organisasi Kesehatan Dunia, WHO mengklaim penyakit Hepatitis akut misterius ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). 
 
Salah satu alasannya yakni, karena penyebab pasti yang belum diketahui, serta banyaknya anak dari berbagai belahan dunia yang terjangkit virus tersebut. 
 
 
Adapun beberapa gejala yang nampak pada anak yang terjangkit virus ini antara lain:
 
- Penurunan Kesadaran
- Demam tinggi atau riwayat demam
- Perubahan warna urine (gelap), atau feses (pucat) 
- kuning
- gatal
- Nyeri sendi atau pegal-pegal
- mual, muntah atau nyeri perut
- lesu atau hilang nafsu makan
- diare
 
 
Namun, kalangan orang tua bisa mencegah, agar sang anak tidak tertular virus yang saat ini menggemparkan dunia kesehatan. 
 
Melalui laman resmi Instagramnya, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) membagikan tips cara mencegah penularan Hepatitis akut misterius tersebut. Di antaranya:
 
- mencegah infeksi dengan mencuci tangan
- meminum air bersih yang matang
- mengonsumsi makanan yang bersih dan matang
- membuang tinja atau popok sekali pakai pada tempatnya
- menggunakan alat makan sendiri-sendiri
- memakai masker dan menjaga jarak
 
 
Di samping itu, IDAI juga menyarankan kepada para orang tua, agar mendeteksi dini, jika menemukan anak dengan gejala terjangkit virus hepatitis akut misterius, seperti yang tertera di atas. 
 
Sekadar diketahui, Badan Organisasi Kesehatan Dunia, WHO telah menerima kurang lebih 228 dugaan kasus Hepatitis akut misterius yang menjangkiti anak-anak yang tersebar di 20 negara. 
 
Indonesia sendiri telah menerima kasus Hepatitis akut misterius. Ada 3 anak yang dirawat di Rumah Sakit Dr. Ciptomangunkusumo, Jakarta, meninggal dunia, diduga karena terjangkit Hepatitis Akut misterius tersebut. 
 
 
Saat ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus melakukan investigasi terkait penyebab terjadinya Hepatitis Akut misterius, melalui pemeriksaan panel virus lengkap.
 
Berdasarkan informasi, sebagian besar kasus Hepatitis akut misterius tersebut berasal dari Eropa. Namun, ada juga beberapa kejadian yang ditemukan di Amerika, Pasifik Barat, dan Asia Tenggara.***

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X