Peringatan Pradiabetes, Waspadai Bercak Hitam di Leher Belakang

- Sabtu, 26 Maret 2022 | 17:30 WIB
Peringatan Pradiabetes, Waspadai Bercak Hitam di Leher Belakang. (Shutterstock)
Peringatan Pradiabetes, Waspadai Bercak Hitam di Leher Belakang. (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Waspadai bercak hitam di belakang leher, lantaran bisa jadi peringatan pradiabetes. Peningkatan kadar gula darah dapat ditentukan melalui tes darah. Tanda-tanda acanthosis nigricans bisa menjadi pertanda Anda harus ke dokter.

Para ahli di American Academy of Dermatology Association menjelaskan tanda-tanda peringatan acanthosis nigricans. Misalnya, bercak atau pita kulit mungkin terlihat gelap dan beludru di bagian belakang leher, di ketiak, atau selangkangan. Menurut National Health Service (NHS), kondisi kulit ini, bisa menjadi indikasi berbagai kondisi kesehatan.

Contoh kondisi kesehatan lain yang dapat menyebabkan acanthosis nigricans meliputi kegemukan, sindrom cushing, sindrom ovarium polikistik, dan tiroid kurang aktif. Karena alasan inilah, acanthosis nigricans harus diperiksa oleh dokter untuk menyelidiki akar masalahnya.

Baca Juga: Harga Terbaru Oppo Reno 7, Cek 14 HP Oppo Terbaru 5G Murah Kamera Terbaik Maret 2022

Kecurigaan gula darah tinggi juga harus ditangani oleh seorang profesional medis. Mayo Clinic menyoroti gejala klasik dari diabetes tipe 2 seperti rasa haus yang meningkat, sering buang air kecil, meningkatnya rasa lapar, kelelahan serta penglihatan kabur. Gejala lainnya adalah mati rasa atau kesemutan di kaki atau tangan, infeksi yang sering terjadi, luka yang lambat sembuh dan penurunan berat badan yang tidak disengaja.

Badan amal, Diabetes UK, mengatakan Anda lebih berisiko terkena diabetes tipe 2 jika memiliki tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, untuk mengurangi tekanan darah dan risiko diabetes, Anda harus berolahraga secara teratur.

Baca Juga: Harga Maret 2022, Cek 14 HP Samsung Terbaru 5G Murah Kamera Terbaik Baterai Jumbo

Diabetes tipe 2 dapat dicegah. Ini bahkan berlaku jika Anda memiliki pradiabetes. Hal ini ditekankan oleh Diabetes UK.

Faktanya, diagnosis pradiabetes adalah kesempatan untuk mengubah gaya hidup. Selain berolahraga lebih teratur, diabetes dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan sehat dan menurunkan berat badan (jika Anda kelebihan berat badan).

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB
X