Kayu Manis untuk Atasi Diabetes, Seberapa Efektif dan Ampuh?

- Rabu, 23 Februari 2022 | 12:56 WIB
ilustrasi kayu manis -- Benarkah kayu manis efektif mengobati diabetes? (Shutterstock)
ilustrasi kayu manis -- Benarkah kayu manis efektif mengobati diabetes? (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Oleh karena itu, pengobatan diabetes bertujuan menjaga agar kadar gula darah tetap normal. Salah satu caranya adalah dengan mengatur konsumsi makanan. Dalam 20 tahun terakhir, beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi kayu manis bermanfaat untuk pasien diabetes. Lantas, apakah ini berarti kayu manis efektif mengobati diabetes?

Beragam manfaat kayu manis untuk diabetes
Selain sebagai penyedap makanan, kayu manis sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk meredakan peradangan dan menurunkan kolesterol hingga kayu manis efektif mengobati diabetes.

Nah, Ayobandung.com kali ini akan membagikan beragam manfaat kayu manis efektif mengobati diabetes. Mulanya sedert manfaat ini diketahui dari penelitian yang dilakukan oleh American Diabetes Association.

Baca Juga: 7 HP Xiaomi Terbaru Kategori HP 5G Murah 2 Jutaan, RAM Besar Kamera Bagus

Penelitian yang melibatkan 30 pasien ini menunjukkan bahwa konsumsi 1-3 gram kayu manis selama 40 hari dapat menurunkan kadar glukosa, trigliserida, dan kolesterol jahat (LDL).

Dari penelitian inilah, kayu manis mulai banyak diklaim bermanfaat untuk penyakit gula darah.

Padahal, studi ini masih berupa riset berskala kecil dan belum bisa memastikan konsumsi kayu manis efektif mengendalikan kadar gula darah pasien diabetes.

Meski begitu, temuan ini membuat para ahli semakin tertarik mengembangkan penelitian guna menelisik lebih jauh manfaat kayu manis untuk diabetes.

Temuan dari beberapa studi terkini menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis memiliki beberapa potensi untuk penyakit gula seperti berikut ini:

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB
X