Usir Kolesterol Tinggi Dengan Makan Buah Ini, Ampuh dan Murah

- Sabtu, 19 Februari 2022 | 11:00 WIB
Ilustrasi alpukat -- Buah tinggi lemak yang bagus untuk kolesterol tinggi, alpukat. Buah ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menurunkan kadar kolesterol. (Shutterstock)
Ilustrasi alpukat -- Buah tinggi lemak yang bagus untuk kolesterol tinggi, alpukat. Buah ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menurunkan kadar kolesterol. (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ketika memikirkan kesehatan jantung dan ingin menjaga kolesterol tetap terkendali, makanan berlemak tinggi harus dijauhkan dari piring kita. Makanan berlemak tinggi tertentu mengandung kolesterol tinggi, walaupun tidak semuanya benar-benar buruk untuk kesehatan kardiovaskular.

Dilansir dari vegetariantimes.com, Jumat (18/2/2022), faktanya, ada satu buah tinggi lemak dan sangat disukai, yang bagus untuk kolesterol tinggi, yakni alpukat. Buah ini mungkin sangat kaya lemak, tetapi mereka mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang baik untuk tubuh.

Lemak baik ini harus masuk dalam diet sehat apa pun. Dan menurut penelitian, itulah yang membuat alpukat menjadi makanan yang bermanfaat untuk kolesterol tinggi. Sains juga menunjukkan hubungan potensial antara memakan alpukat dengan menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga: 8 HP Vivo Terbaru 5G 2 Jutaan RAM 6GB dan 8 GB Memori 128 GB sampai 256 GB

Hanya satu alpukat per hari, dapat memberikan manfaat untuk kolesterol tinggi. Para peneliti dari Pennsylvania State University melakukan penelitian terkontrol secara acak di mana 45 peserta dewasa, semuanya secara klinis didiagnosis kelebihan berat badan atau obesitas, dan mengikuti serangkaian perubahan pola makan.

Selama dua pekan pertama penelitian, semua peserta mengikuti diet rata-rata orang Amerika yang sama, yang dirancang untuk menempatkan mereka semua pada pijakan nutrisi yang sama. Pada akhir periode awal ini, para peserta kemudian mengikuti tiga diet berbeda secara acak selama lima pekan.

Baca Juga: 6 HP Oppo Terbaru 5G Murah 2 Jutaan RAM 6GB dan 8 GB Memori 128 GB sampai 256 GB

Mereka mencoba diet rendah lemak, diet sedang-lemak, dan diet sedang-lemak yang mencakup satu buah alpukat per hari. Para peneliti kemudian melacak perubahan dalam metrik kesehatan utama saat para peserta mencoba setiap diet.

Pada kesimpulan penelitian, para peneliti menemukan bahwa peserta memiliki kadar kolesterol yang jauh lebih rendah ketika mengikuti diet satu alpukat per hari. Secara khusus, kadar kolesterol jahat mereka menurun.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X