Catat, Ini 7 Makanan Pantangan Ibu Hamil Muda

- Jumat, 28 Januari 2022 | 16:49 WIB
Hamil Muda -- Berikut makanan pantangan ibu hamil muda. Apa saja makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan, terutama saat hamil muda? (Pixabay)
Hamil Muda -- Berikut makanan pantangan ibu hamil muda. Apa saja makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan, terutama saat hamil muda? (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Berikut makanan pantangan ibu hamil muda. Makanan merupakan salah satu faktor yang mendukung kehamilan sehat. Itu sebabnya, sangat penting bagi ibu hamil untuk memerhatikan asupannya, serta mengetahui makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan, terutama saat hamil muda.

Beberapa makanan tertentu mungkin bisa menyebabkan keracunan pada ibu hamil, atau mengganggu perkembangan janin. Kali ini, theAsian Parents membagikan daftar makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat hamil muda. Apa saja makanan pantangan ibu hamil muda tersebut?

1. Ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi
Meski merupakan sumber protein sehat yang kaya akan omega-3, namun beberapa jenis ikan tertentu berbahaya untuk dikonsumsi lantaran memiliki kandungan merkuri yang tinggi.

Baca Juga: 10 HP Xiaomi Terbaru Kelas HP 5G Murah RAM 6GB dan RAM 8 GB Memori 128 GB 2 Jutaan

Sebenarnya, hampir semua ikan mengandung merkuri, karena senyawa ini ada di limbah yang paling banyak mencemari perairan. Namun, beberapa jenis ikan memiliki kandungan merkuri yang lebih tinggi, seperti ikan hiu, ikan makarel raja, ikan tuna bigeye, ikan tondak atau pedang, dan ikan tuna sirip kuning. Mungkin memang jarang diperjual belikan di Indonesia, tapi tidak ada salahnya bukan untuk mengetahuinya.

Bila ibu hamil muda mengonsumsi ikan tinggi merkuri, dikutip dari Mayo Clinic, hal ini dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan otak bayi.

2. Daging setengah matang
Daging yang belum matang kemungkinan besar masih mengandung parasit toksoplasmosis yang berbahaya bagi janin. Makanan setengah matang ini termasuk daging unggas seperti ayam, kalkun, bebek, dan daging babi. Untuk itu usahakan masak daging sampai matang sempurna sampai kering dan tidak ada cairan merahnya.

Baca Juga: Covid Bandung Masih Terus Naik, Tak Ada Kecamatan Nol Kasus, Ini Perinciannya

3. Telur setengah matang
Telur yang belum matang masih mengandung bakteri Salmonella yang menyebabkan infeksi cairan ketuban. Meskipun infeksi ini jarang terjadi, namun dampaknya sangat serius dan dapat menyebabkan keguguran.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Beda Cacar Monyet dengan Cacar Air

Selasa, 24 Mei 2022 | 17:38 WIB

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB
X