Hindari Anak Meninggal usai Vaksin Covid-19, Perhatikan Hal Ini sebelum Anak Vaksinasi

- Senin, 24 Januari 2022 | 17:17 WIB
Update covid Bandung hari ini -- Sebagian orang tua mungkin bertanya-tanya, apa yang harus dipersiapkan sebelum anak vaksinasi Covid-19? Berikut persiapan anak sebelum divaksin Covid. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Update covid Bandung hari ini -- Sebagian orang tua mungkin bertanya-tanya, apa yang harus dipersiapkan sebelum anak vaksinasi Covid-19? Berikut persiapan anak sebelum divaksin Covid. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sebagian orang tua mungkin bertanya-tanya, apa yang harus dipersiapkan sebelum anak vaksinasi Covid-19? Berikut persiapan anak sebelum divaksin Covid. Saat ini, anak Indonesia usia 12-17 tahun dan usia 6-11 tahun sudah bisa mendapatkan vaksin tersebut.

Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) Sri Rezeki Hadinegoro mengatakan, tidak ada persiapan anak sebelum divaksin Covid secara khusus. Akan tetapi, upayakan anak tidur lebih cepat malam sebelumnya agar keadaannya fit.

Sebagai persiapan anak sebelum divaksin Covid, pada hari vaksinasi, anak harus sudah menyantap sarapan dan minum cukup air putih. Sebelum vaksinasi, ayah dan ibu juga disarankan mengomunikasikan mengenai vaksinasi yang akan didapat untuk mencegah terjangkit Covid-19.

Baca Juga: HP Oppo Terbaru A96 5G Rilis Mirip iPhone 12? Yuk Cek Harga HP Oppo Ini

"Penting jelaskan pada anak apa itu vaksinasi, mengapa harus divaksinasi, dan apa yang akan dilakukan kepadanya," kata Sri pada media briefing virtual yang digelar Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), belum lama ini.

Orang tua bisa mendampingi anak saat vaksinasi sehingga buah hati merasa tenang. Setelah imunisasi selesai, terus lakukan pemantauan dan tanyakan apa yang dirasakan oleh anak sehingga semua kondisi terkendali.

Sri menjelaskan, secara klinis Covid-19 pada anak cenderung ringan atau tidak bergejala. Angka kejadian anak mengidap Covid-19 di Indonesia terdata sekitar 12,1 persen dari total kasus yang ada.

Baca Juga: Vivo Y21A Rilis Resmi, Berapa Harga HP Vivo Terbaru Ini?

Akan tetapi, dinukil Republika.co.id, jika anak mengidap Covid-19, tentunya dapat menular kepada orang di sekitarnya. Selain itu, ada risiko tinggi pada anak dengan komorbid atau penyakit penyerta seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung bawaan, asma, kelainan genetik, kanker, dan defisiensi imun.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB

5 Ciri Anda Kecanduan Seks, Cek Segera!

Senin, 9 Mei 2022 | 14:47 WIB

4 Penyebab Bau Kaki, Stres hingga Infeksi

Senin, 9 Mei 2022 | 14:37 WIB

9 Cara Mencegah Hepatitis Akut pada Anak

Senin, 9 Mei 2022 | 11:53 WIB
X