9 Makanan Penyebab Alergi Paling Umum, Jangan Makan Sembarangan

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 09:00 WIB
ilustrasi -- Penting mengetahui jenis makanan penyebab alergi. Makanan tertentu bisa menimbulkan reaksi alergi sangat berbahaya bahkan mengancam nyawa. (Shutterstock)
ilustrasi -- Penting mengetahui jenis makanan penyebab alergi. Makanan tertentu bisa menimbulkan reaksi alergi sangat berbahaya bahkan mengancam nyawa. (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Makanan tertentu bisa menimbulkan reaksi alergi yang sangat berbahaya, bahkan mengancam nyawa, bagi sebagian orang. Untuk itu, penting mengetahui jenis makanan penyebab alergi.

Bagaimana makanan bisa menyebabkan alergi?

Pada dasarnya, alergi makanan bisa muncul akibat sistem kekebalan tubuh yang mengira bahwa zat dalam makanan, terutama protein, berbahaya bagi tubuh.

Sistem kekebalan bertugas untuk melindungi tubuh dengan memproduksi antibodi yang akan mengidentifikasi dan menghancurkan kuman seperti bakteri atau virus penyebab penyakit.

Baca Juga: 9 HP Oppo Terbaru Kelas HP 5G Murah RAM 6GB 2 Jutaan di 2022

Mengutip situs The American College of Allergy, Asthma, & Immunology, pada tubuh orang yang memiliki alergi, antibodi bernama Immunoglobulin E (IgE) keliru menganggap protein dalam makanan sebagai ancaman.

Lalu, IgE pun bergerak menuju sel-sel untuk melepas beberapa bahan kimia, salah satunya adalah histamin. Histamin inilah yang menyebabkan munculnya sebagian besar gejala reaksi alergi akibat makanan.

Histamin menyebabkan pembuluh darah mengembang sehingga membuat kulit di sekitarnya lebih merah dan membengkak. Senyawa ini juga memengaruhi saraf pada kulit sehingga menyebabkan gatal.

Selain itu, histamin meningkatkan jumlah lendir yang diproduksi dalam lapisan hidung sehingga menimbulkan rasa gatal atau sensasi terbakar.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Ciri Anda Kecanduan Seks, Cek Segera!

Senin, 9 Mei 2022 | 14:47 WIB

4 Penyebab Bau Kaki, Stres hingga Infeksi

Senin, 9 Mei 2022 | 14:37 WIB

9 Cara Mencegah Hepatitis Akut pada Anak

Senin, 9 Mei 2022 | 11:53 WIB
X