9 Jajanan Khas Bandung Kekinian, Wajib Coba!

- Kamis, 20 Januari 2022 | 16:40 WIB
Batagor Serayu. Berkunjung ke Kota Kembang belum pas rasanya jika belum mencicipi sembilan jajanan khas Bandung kekinian. Kamu wajib coba! (Instagram/@cuankieserayu)
Batagor Serayu. Berkunjung ke Kota Kembang belum pas rasanya jika belum mencicipi sembilan jajanan khas Bandung kekinian. Kamu wajib coba! (Instagram/@cuankieserayu)

Berkunjung ke Kota Kembang belum pas rasanya jika belum mencicipi sembilan jajanan khas Bandung kekinian. Kamu wajib coba!

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Jika sebelumnya kalian sudah mencoba wisata kuliner legendaris di Bandung, daftar kuliner kekinian yang satu ini juga wajib kalian coba saat berwisata ke Bandung. 

Ada beberapa rekomendasi cemilan khas yang cocok dikonsumsi sebagai makanan ringan untuk mengganjal perut saat sedang berkunjung ke Bandung.
 
Apa sajakah itu? Berikut sembilan jajanan khas Bandung kekinian dan wajib kamu coba. 
 
1. Rujak Cireng 
 
Cireng yang merupakan singkatan dari aci digoreng ini merupakan makanan khas tanah pasundan. Adonan tepung kanji ini diiris kecil dan pipih lalu digoreng hingga matang. 
 
 
Cireng biasanya disajikan dengan bumbu. Salah satu yang menarik adalah cireng bumbu rujak. Paduan rasa gurih dan pedasnya bumbu rujak menjadikan makanan ini cocok disantap dengan udara Bandung yang sejuk dan dingin. 
 
2. Cilok  
 
Aci dicolok atau cilok adalah salah satu makanan olahan tepung kanji khas Bandung. Jajanan ini biasa ditemui dipinggiran jalan dan disajikan dengan bumbu saos atau kacang. 
 
Saat ini banyak variasi kekinian dari cilok diantaranya, cilok bumbu barbeque dan yogurt, cilok crispy, cilok keju dan cilok bakar mozarela. 
 
3. Baso Aci 
 
Masih dari olahan tepung kanji, makanan kekinian satu ini sudah terkenal dimana-mana. Sama seperti bakso, cemilan satu ini disajikan lengkap bersama kuah dan isian dagingnya. 
 
 
Toping yang menemani pun bisa beraneka ragam mulai dari sukro cikur, ceker ayam, kripik tipis dan batagor. Baso Aci cocok dimakan saat hangat dan cuaca sedang hujan. 
 
4. Batagor 
 
Merupakan singkatan dari baso tahu goreng, sangat tidak mungkin rasanya jika ke Bandung tapi tidak melihat penjual makanan ini. Makanan olahan ikan ini ada dari mulai pedagang kaki lima sampai restoran bintang lima. 
 
Beberapa tempat batagor yang terkenal di Bandung adalah Batagor Hanjuang dan Batagor Riri. 
 
5. Baso Tahu 
 
Bagi turis luar kota Bandung mungkin sering menyebutnya siomay, tetapi di Bandung sendiri sudah terbiasa dengan istilah baso tahu.
 
 
Satu porsi makanan khas ini berisi siomay ikan, tahu kukus, telor rebus, kol kukus, kentang kukus, bahkan paria kukus. 
 
6. Seblak  
 
Siapa yang tak kenal dengan makanan pedas berbahan dasar kerupuk ini? Ketenarannya sudah terkenal se Indonesia, makanan ini semakin terkenal dengan banyaknya variasi-variasi kekinian dari pelaku usaha kuliner
 
Tidak cuma kerupuk, kini seblak sudah mempunyai berbagai varian jenis dan toping. Di antaranya seperti ceker ayam, keju mozarela, seafood, bahkan sudah ada seblak dengan isian lobster sekarang. 
 
7. Es cendol 
 
Berdiri sejak tahun 1972, Es Cendol Elizabeth merupakan salah satu yang legendaris di bandung. Minuman khas yang terbuat dari olahan tepung beras, gula aren, dan santan ini biasanya disajikan dengan nangka. 
 
 
Kini banyak variasi es cendol yang banyak dijumpai di Bandung diantaranya es cendol dalgona, es cendol pelangi, es cendol duren dan masih banyak lagi. 
 
8. Yogurt 
 
Yogurt kemasan yang biasa dijumpai di supermarket akan jauh berbeda rasanya saat sudah mencicipi yogurt khas Bandung. Terletak di jalan cisangkuy, yogurt legendaris ini disajikan dengan topping buah asli. 
 
9. Cuanki 
 
Berasal dari singkatan cari uang jalan kaki, baso cuanki memang pada mulanya berasal dari pedagang yang baso yang berjualan dengan cara dipikul. Kini baso cuanki sudah dapat dinikmati dalam bentuk kemasan siap saji. 
 
Ingin yang legendaris? Silakan mampir ke Baso Cuanki Serayu. Tetapi harus siap jika tidak dapat tempat duduk karena saking ramainya pengunjung. 
 
Sekian sembilan jajanan khas Bandung kekinian yang wajib kamu coba. Selamat menikmati. (Naufal Racha A.) 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Menu Sahur yang Simple dan Enak, Anti Ribet

Selasa, 12 April 2022 | 08:38 WIB

Ciwang, Jajanan yang Hanya Ada di Bulan Puasa

Jumat, 8 April 2022 | 21:00 WIB
X