Penyebab Sering Sendawa dan Tips Mengatasinya

- Senin, 10 Januari 2022 | 15:50 WIB
ilustrasi sendawa -- Sendawa terlalu sering mungkin pertanda gangguan pencernaan tertentu. Apa penyebab sering sendawa dan tips mengatasinya? (Shutterstock)
ilustrasi sendawa -- Sendawa terlalu sering mungkin pertanda gangguan pencernaan tertentu. Apa penyebab sering sendawa dan tips mengatasinya? (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sendawa biasanya terjadi setelah Anda makan terlalu cepat atau sambil mengobrol sehingga udara ikut masuk ke dalam lambung. Reaksi ini normal dan bisa terjadi pada siapa pun. Meski begitu,  sering sendawa atau sendawa terlalu sering mungkin pertanda gangguan pencernaan tertentu.

Sendawa semestinya hanyalah reaksi tubuh yang muncul sementara. Jika sendawa terus-menerus muncul tanpa alasan yang jelas, ada baiknya Anda mencari penyebab serta cara menghilangkan kondisi ini.

Masalah kesehatan yang bisa menyebabkan Anda sering sendawa

Bhavesh Shah, MD, direktur medis gastroenterologi di Long Beach Memorial Medical Center California memaparkan bahwa jika sendawa terus berlanjut dalam jangka waktu lama, tandanya Anda perlu pergi ke dokter. Apalagi bila keluhan ini makin memburuk.

Baca Juga: 36 HP Samsung Terbaru 5G Murah, Update Harga Januari 2022

Ada sejumlah kondisi serius yang bisa menyebabkan Anda sering sendawa. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Refluks asam lambung (GERD)
Refluks asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Aliran balik (refluks) cairan asam lambung bisa menyebabkan rasa panas pada ulu hati (heartburn) hingga iritasi kerongkongan.

 

Lambung bertugas memecah makanan yang masuk agar dapat diserap tubuh. Untuk memudahkan tugas ini, sel-sel lambung memproduksi asam dan enzim pencernaan. Jadi, asam memang sengaja dihasilkan oleh lambung.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB
X