Gejala dan Tanda Kolesterol Tinggi Bisa Dikenali Ketika Bercermin

- Senin, 10 Januari 2022 | 09:30 WIB
ilustrasi bercermin -- Gejala dan tanda kolesterol Tinggi bisa dikenali ketika bercermin. Kenali tanda kolesterol tinggi sedari dini dari sekarang. (Freepik)
ilustrasi bercermin -- Gejala dan tanda kolesterol Tinggi bisa dikenali ketika bercermin. Kenali tanda kolesterol tinggi sedari dini dari sekarang. (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kolesterol tinggi merupakan kondisi ketika kadar kolesterol di dalam darah melebihi batas normal. Kondisi ini bisa memicu masalah sistem saraf, pencernaan, jantung, hingga strok. Itulah mengapa, sebelum terlambat, penting untuk mengenali tanda kolesterol tinggi sedari dini.

Selain tes darah, terkadang tanda-tanda kolesterol tinggi juga bisa muncul di wajah. Dokter Gary Bartlett mengungkapkan, setidaknya ada dua tanda spesifik kolesterol tinggi yang bisa dilihat sambil bercermin, yaitu xanthelasma dan arkus kornea.

Menurut Bartlett, xanthelasma adalah plak kekuningan akibat gumpalan lemak yang muncul di area kelopak mata. Sementara arkus kornea adalah kondisi yang ditandai dengan adanya semacam cincin berwarna putih, abu muda, atau biru di sekeliling lingkaran mata yang berwarna.

Baca Juga: 36 HP Samsung Terbaru 5G Murah, Update Harga Januari 2022

Lalu bagaimana cara mengatasi tanda kolesterol tinggi? Seperti dilansir laman Express, Ahad (9/1/2022), Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NH) menyarankan untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat, lebih banyak beraktivitas fisik, juga minum obat yang disarankan oleh dokter.

Aturan praktisnya adalah mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh jika memungkinkan. Banyak makanan mengandung lemak jenuh, terutama makanan hewani seperti daging, mentega dan produk susu, kue, serta biskuit.

Adapun sumber lemak tak jenuh yang baik termasuk lemak nabati dan minyak nabati, ikan berminyak, kacang-kacangan dan biji-bijian. Menurut catatan Heart UK, lemak jenuh seharusnya tidak lebih dari sepertiga dari asupan energi harian setiap orang.

Baca Juga: HP Oppo Terbaru A96 5G Mirip iPhone 12, Berapa Harga HP Oppo Ini?

Jika dihitung rata-rata yakni 20 gram untuk wanita dan 30 gram untuk pria. Olahraga teratur juga merupakan bagian integral untuk menurunkan kadar dan tanda kolesterol tinggi.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB
X