Manfaat Eceng Gondok, Bisa Jadi Bahan Bakar Bersih

- Senin, 3 Januari 2022 | 08:30 WIB
manfaat eceng gondok, jadi bahan bakar besih. (dok. BPBD KBB)
manfaat eceng gondok, jadi bahan bakar besih. (dok. BPBD KBB)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Banyak masyarakat yang mengira manfaat eceng gondok hanya bisa digunakan sebagai pupuk saja. Namun rupanya manfaat tanaman ini bisa lebih besar dari itu.

Sebuah perusahaan pemasok energi ramah lingkungan berbasis di Kota Nairobi menciptakan manfaat eceng gondok yang menjadi bahan bakar bersih untuk memasak bagi warga Kenya.

Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi penggunaan kayu bakar, yang menambah emisi gas rumah kaca dan mengganggu kesehatan yang menghirupnya.

Baca Juga: Hamparan Eceng Gondok 14 Hektare Lumpuhkan Aktivitas di Waduk Cirata

Para pekerja memanen tanaman invasif itu, kemudian menggilingnya dengan mesin untuk menghasilkan campuran yang dimasukkan ke mesin pengolah biogas.

Supervisor di fasilitas Biogas Internasional, Daniel Odhiambo mengatakan, sebagian orang yang belum menyadari manfaat eceng gondok menganggapnya sebagai ‘kutukan.’

"Padahal eceng gondok dapat dimanfaatkan untuk membersihkan air, menjadi bahan biogas, bahan baku membuat kertas, kursi dan furnitur lainnya," kata dia, dilansir VOA.

Melalui kemitraan dengan perusahaan farmasi raksasa AstraZeneca, Biogas International melarang penggunaan bahan bakar kayu. Mereka memberi pengolah biogas untuk 50 keluarga di Kisumu, Kenya.

CEO Biogas International, Dominic Kahumbu mengungkapkan, di Afrika, 70% sampai 80% populasi di sub-Sahara menggunakan bahan bakar kayu. "Sementara itu ada banyak spesies invasif ini di sekitar kita. Kalau kita menebang pohon untuk dijadikan arang atau kayu bakar, kita mengurangi penyerap karbon," ujarnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB
X