Penis Sering Kesemutan, Kondisi Berbahaya?

- Kamis, 30 Desember 2021 | 16:58 WIB
ilustrasi -- Cari tahu penyebab penis kesemutan hingga cara mengatasi penis kesemutan. Apa saja tanda dan gejala penis kesemutan? Apa masuk kondisi berbahaya (ThinkstockPhotos)
ilustrasi -- Cari tahu penyebab penis kesemutan hingga cara mengatasi penis kesemutan. Apa saja tanda dan gejala penis kesemutan? Apa masuk kondisi berbahaya (ThinkstockPhotos)

Cari tahu penyebab penis kesemutan hingga cara mengatasi penis kesemutan. Apa saja tanda dan gejala penis kesemutan? Apa masuk kondisi berbahaya?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sama seperti bagian tubuh lainnya, penis juga bisa mengalami kesemutan. Organ intim pria ini bersifat sensitif dan membutuhkan aliran darah yang lancar. Kondisi penis kesemutan biasanya terjadi pada atlet atau pengendara sepeda.

Namun, siapa pun bisa mengalami kondisi ini. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja penyebab penis kesemutan dan cara mengatasi penis kesemutan, simak penjelasan berikut ini.

Apa saja tanda dan gejala penis kesemutan?
Saat penis kesemutan, awalnya mungkin Anda merasa penis dan skrotum (buah zakar) seperti kebas atau mati rasa. Setelah itu, area organ intim Anda ini dapat terasa dingin atau bahkan tidak merasakan sensasi apapun.

Baca Juga: Samsung Galaxy M33 5G Rilis Segera, Intip Harga dan Spesifikasi HP Samsung Terbaru Ini

Tergantung dari penyebabnya, Anda mungkin akan mengalami beberapa tanda dan gejala penis kesemutan lain seperti di bawah ini.

  • Kulit kebiruan pada penis dan area sekitarnya
  • Timbul sensasi terbakar atau dingin
  • Rasa sakit seperti tertusuk jarum, jika bergerak atau menyentuh penis dan skrotum

Mengapa kesemutan bisa terjadi pada penis pria?

Penis kesemutan bisa jadi hal umum yang Anda rasakan. Bila sering terjadi dan tidak ditangani dengan baik, kondisi ini bisa mengganggu kehidupan seksual Anda. Berikut ini beberapa faktor risiko dan penyebabnya.

1. Terlalu lama duduk atau bersepeda
Duduk terlalu lama pada sadel sepeda atau kursi bisa menyebabkan penis kesemutan. Ketika duduk, terjadi tekanan pada saraf dan pembuluh darah di area tubuh yang sensitif, yaitu perineum. Pada pria, perineum terletak antara anus dan penis.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Langkah Cerdas Mencegah Diabetes pada Milenial

Jumat, 30 September 2022 | 15:29 WIB

7 Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Jarang Disadari

Selasa, 6 September 2022 | 16:13 WIB
X