Tanda Hipertensi Jarang Disadari, Segera Lakukan Hal ini

- Rabu, 29 Desember 2021 | 16:44 WIB
ilustrasi hipertensi -- Kenali tanda hipertensi sebelum menyebabkan komplikasi serius. Hipertensi dianggap sebagai silent killer karena muncul tanpa keluhan. (Pixabay)
ilustrasi hipertensi -- Kenali tanda hipertensi sebelum menyebabkan komplikasi serius. Hipertensi dianggap sebagai silent killer karena muncul tanpa keluhan. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kenali tanda hipertensi sebelum menyebabkan komplikasi serius. Tekanan darah tinggi (hipertensi) dianggap sebagai salah satu silent killer karena sering kali muncul tanpa keluhan. Penderita pada umumnya belum tahu jika memiliki ciri-ciri mengidap hipertensi, tetapi kemudian mendapati diri sudah memiliki penyakit atau komplikasi dari hipertensi.

Dalam jurnal Circulation, dilaporkan bahwa tekanan darah orang Amerika telah meningkat secara mengkhawatirkan selama pandemi. Saat ini, sekitar setengah dari orang Amerika memiliki hipertensi. Penyakit ini sebetulnya menjadi kondisi kesehatan yang kurang dibahas, padahal memiliki efek besar pada tubuh.

"Bahkan perubahan kecil dalam tekanan darah rata-rata dalam populasi dapat berdampak besar pada stroke, kejadian gagal jantung, dan serangan jantung yang kemungkinan akan Anda lihat dalam beberapa bulan mendatang," tulis penulis utama studi tersebut, dilansir di laman Eat This Not That, Selasa (28/12/2021).

Baca Juga: Daftar Dokumen Pemberkasan PPPK Tahap 2, Cek Link dan Jadwalnya

Pada 2019, tekanan darah tinggi adalah penyebab utama kematian atau penyebab lebih dari 500 ribu kematian secara nasional di AS. Satu-satunya cara pasti untuk mengetahui apakah tekanan darah tinggi adalah dengan memeriksakannya.

Menurut American Heart Association, tekanan darah normal jika mengukur sistolik 120 atau lebih rendah (angka atas) dan 80 atau diastolik lebih rendah (angka bawah).

Jika tekanan darah antara 120 dan 129 sistolik dan masih lebih rendah dari 80 diastolik, itu dianggap meningkat. Jika tekanan darah antara 130 dan 139 sistolik, atau 80 hingga 89 diastolik, itu menandakan tekanan darah tinggi tahap satu (hipertensi).

Apabila tekanan darah di atas 140 sistolik, atau di atas 90 diastolik, itu menandakan tekanan tinggi tahap dua (hipertensi). Jika tekanan darah Anda di atas 180 sistolik dan/atau 120 diastolik, itu adalah krisis hipertensi, keadaan darurat medis. Anda harus segera mencari bantuan medis secepatnya.

Baca Juga: Samsung Galaxy M33 5G Rilis Segera, Intip Harga dan Spesifikasi HP Samsung Terbaru Ini

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB
X