5 Daftar Wisata Bandung untuk Merayakan Malam Tahun Baru 2022

- Rabu, 29 Desember 2021 | 15:51 WIB
Petugas melakukan pengecekan di kawasan wisata alam Tebing Keraton, Kabupaten Bandung.  (Ayobandung.Com/Kavin Faza)
Petugas melakukan pengecekan di kawasan wisata alam Tebing Keraton, Kabupaten Bandung. (Ayobandung.Com/Kavin Faza)
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tak terasa tahun 2021 tinggal beberapa hari lagi. Menyambut tahun baru dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya mengunjungi tempat wisata. Berikut 5 daftar wisata Bandung untuk merayakan malam Tahun Baru 2022
 
Libur panjang akhir tahun yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga. Meski masih dilanda pandemi covid-19, keinginan masyarakat untuk berlibur di akhir tahun tetap tinggi. 
 
Pemerintah sudah menerapkan aturan PPKM level 3 demi menekan angka penyebaran. Aturan ini diberlakukan di beberapa tempat seperti kendaraan, tempat perbelanjaan, dan tempat wisata. 
 
 
Untuk tempat wisata, aturan yang diterapkan dari pemerintah adalah pengunjung wajib mengikuti protokol kesehatan dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Hal ini berlaku untuk pengunjung dan pegawai. 
 
Sudah menjadi langganan bagi Bandung untuk menerima wisatawan luar kota seperti Jabodetabek. Jangankan hari libur nasioinal, akhir pekan saja kota ini selalu ramai wisatawan lokal. 
 
Berikut 5 daftar wisata Bandung untuk merayakan malam Tahun Baru 2022.
 
1. Braga 
 
Warga melintas di Jalan Braga, Kota Bandung, Selasa 16 November 2021. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
 
Ikon kota satu ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi bila sedang liburan ke Bandung. Letaknya dekat dengan Alun-alun kota bandung. 
 
Dari awal hingga ujung, Jalan Braga dipenuhi dengan tempat kuliner seperti restoran, kafe, dan bar. Dari yang bernuansa jadul hingga kekinian, ada semua di Braga
 
Selain kuliner, daya tarik dari tempat ini adalah bangunan peninggalan Belanda yang tetap terjaga sampai saat ini. Wisatawan juga dapat menemukan banyak penjual lukisan di pinggir jalan untuk kenang-kenangan. 
 
 
 
Obyek wisata Tebing Keraton yang berada di kawasan patahan Lembang. (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)
 
Tebing Keraton merupakan sebuah tebing di area Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda yang mempunyai pemandangan indah. Pengunjung disajikan pengalaman melihat hamparan pohon yang hijau dari atas tebing. 
 
Wisatawan dapat merayakan tahun baru dari atas tebing ditemani pemandangan alam yang luar biasa di sini. Selain itu, tempat ini juga biasa dikunjungi saat subuh untuk melihat matahari terbit. 
 
Tebing keraton adalah tempat yang harus dikunjungi jika ingin melihat matahari terbit pertama kali di tahun 2022. 
 
 
 
Puncak Bintang di Bukit Moko, Cimenyan, Bandung. (Instagram/@puncakbintang_bandung)
 
Sama seperti Tebing Keraton, tempat ini menjual pemandangan yang indah dari atas bukit. Bedanya, jika Tebing Keraton memberikan pemandangan hijau hutan, Bukit Moko memberikan pemandangan kota. 
 
Jika malam hari pengunjung dapat melihat gemerlap lampu Kota Bandung dari atas sini. Pada malam tahun baru, wisatawan dapat melihat banyaknya kembang api yang dinyalakan dari kota Bandung. 
 
Selain itu pengunjung juga biasa berburu matahari pagi di sini. Bukit Moko merupakan salah satu tempat yang ideal dikunjungi saat malam tahun baru. 
 
Bukit Moko dapat ditempuh melalui Jalan Padasuka dan Jalan Cimenyan. Akses jalan menuju tempat juga sudah bagus, tidak rusak seperti tahun-tahun sebelumnya. 
 
4. Taman Wisata Bougenville
 
Salah satu vila yang ditawarkan oleh Taman Wisata Bougenville. (Jullienna Erdawa)
 
Terletak di kaki Gunung Puntang, tempat ini sangat asri dan nyaman. Jika ingin berwisata alam yang lengkap dengan fasilitas keluarga, maka Taman Bougenville merupakan destinasi yang tepat untuk dikunjungi. 
 
Wisatawan yang ingin berhenti sejenak untuk liburan wisata alam dapat memilih tempat ini. Di sini juga ramah bagi yang sudah berkeluarga karena mempunyai fasilitas lengkap. 
 
Beberapa fasilitasnya adalah camping area, children play ground, family picnic dan masih banyak lagi. Taman Wisata Bougenville adalah tempat yang pas untuk dikunjungi saat menghabiskan libur akhir tahun bersama keluarga. 
 
 
5. Kampung Cai Ranca Upas 
 
Wisatawan mengunjungi kawasan wisata Kampung Cai Ranca Upas, Jalan Raya Ciwidey, Patengan, Kabupaten Bandung. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
 
Tempat ini terletak di Jalan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Di sini wisatawan diberikan tempat yang luas untuk melakukan kegiatan luar seperti berkemah dan outbond. Fasilitas yang disediakan juga lengkap mulai dari peralatan kemah hingga perlengkapan makan seperti kayu bakar. 
 
Selain menawarkan kawasan perkemahan yang nyaman, tempat ini juga memiliki tempat penangkaran rusa. Ditempat ini wisatawan dapat memberi makan rusa secara langsung. 
 
 
Kampung Cai Ranca Upas juga menyediakan pemandian air hangat alami. 
 
Demikian 5 daftar wisata Bandung untuk merayakan malam Tahun Baru 2022. Tetap jaga protokol kesehatan, selamat tahun baru 2022. (Naufal Racha A)

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lokasi dan Tiket Masuk Taman Langit Pangalengan

Senin, 21 Februari 2022 | 15:24 WIB

Lokasi dan Tiket Masuk Margacinta Park Terbaru 2022

Kamis, 13 Januari 2022 | 14:01 WIB

FOTO: Indahnya Hutan Menyala Tahura Djuanda

Minggu, 9 Januari 2022 | 20:30 WIB
X