Keracunan Makanan Basi? Segera Lakukan Hal ini

- Senin, 27 Desember 2021 | 15:37 WIB
Apa yang harus dilakukan bila terlanjur keracunan makanan basi? Apa saja gejala hingga cara mencegah keracunan makanan basi?ilustrasi (Shutterstock)
Apa yang harus dilakukan bila terlanjur keracunan makanan basi? Apa saja gejala hingga cara mencegah keracunan makanan basi?ilustrasi (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kita kadang luput memperhatikan tanggal kedaluarsa makanan atau minuman dalam kemasan. Mungkin sebagian dari Anda pernah mengonsumsi makanan kedaluarsa atau makanan yang tidak layak konsumsi. Namun, konsumsi makanan kedaluarsa bisa menimbulkan gejala keracunan. Lantas, apa yang harus dilakukan bila terlanjur keracunan makanan basi?

Bagaimana makanan basi bisa menyebabkan keracunan?
Pada dasarnya, keracunan makanan dapat terjadi akibat konsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi dengan virus, bakteri, parasit, atau bahan kimia beracun.

Makanan yang sudah basi dapat menjadi tempat berkembangnya jamur, bakteri, dan ragi. Kemunculan berbagai patogen ini akan menimbulkan perubahan pada warna, tekstur, bau, dan rasa.

Baca Juga: 16 Rekomendasi HP Samsung Terbaru 5G Murah Desember 2021

Ketika Anda mengonsumsi makanan tersebut, patogen yang ada dalam makanan akan terus tumbuh di saluran pencernaan. Hal ini akhirnya menyebabkan infeksi dan menimbulkan berbagai gejala keracunan.

Apa saja gejala keracunan makanan basi?
Gejala keracunan makanan hampir serupa dengan gejala gastroenteritis (flu perut). Beberapa gejalanya termasuk:

  • kram perut,
  • diare berair atau berdarah,
  • mual dan muntah,
  • sakit kepala,
  • demam, serta
  • perut kembung.

Gejala dapat berkisar dari sangat ringan hingga serius. Lama kemunculannya bergantung pada virus atau bakteri yang mengontaminasi dan tingkat kekebalan tubuh seseorang. Namun umumnya, gejala akan terjadi dalam waktu 4-24 jam setelah mengonsumsi makanan.

Sebagai contoh, bakteri Staphylococcus aureus bisa memunculkan gejala dalam waktu 30 menit sampai 8 jam setelah konsumsi makanan. Sedangkan, gejala akibat bakteri Salmonella biasanya muncul dalam 6 jam sampai 6 hari kemudian.

Baca Juga: 44 HP 5G Murah Terbaru 2021, Daftar Harga dan Spesifikasi Lengkap

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB
X