Waspada, Ini 4 Tanda Perlemakan Hati di Tangan

- Senin, 27 Desember 2021 | 09:24 WIB
Kondisi tangan yang bisa membantu penderita menemukan tanda penyakit perlemakan hati lebih dini. Berikut gejala penyakit perlemakan hati. ilustrasi jari tangan (freepik  )
Kondisi tangan yang bisa membantu penderita menemukan tanda penyakit perlemakan hati lebih dini. Berikut gejala penyakit perlemakan hati. ilustrasi jari tangan (freepik )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Penyakit perlemakan hati sering kali tak disadari oleh penderitanya dalam waktu yang cukup lama. Beberapa kondisi pada tangan bisa membantu penderita menemukan tanda penyakit perlemakan hati lebih dini.

Bila tak disadari penderitanya, gejala penyakit perlemakan hati akan terus berkembang tanpa mendapatkan pengobatan. Kondisi ini dapat membuat penyakit perlemakan hati berkembang jadi fibrosis dan sirosis.

Jaringan parut pada kasus sirosis bersifat permanen dan tak bisa diperbaiki. Sirosis juga meningkatkan risiko gagal hati dan kanker hati yang mengancam jiwa, seperti dilansir Healthline.

Baca Juga: 52 Daftar Harga HP Samsung dan Spesifikasinya 2021

Penyakit perlemakan hati bisa disebabkan oleh beragam faktor. Sebagian di antaranya adalah konsumsi alkohol berlebih, obesitas, dan sindrom metabolik.

Di samping itu, penyakit perlemakan hati bisa memicu beragam gejala. Seperti dilansir Cleveland Clinic, gejala penyakit perlemakan hati adalah nyeri perut atau merasa penuh di area perut kanan atas, mual atau kehilangan nafsu makan, kulit dan area putih mata menjadi kuning, dan kaki atau perut bengkak.

Penyakit perlemakan hati ternyata juga bisa dikenali melalui beberapa tanda yang terlihat di tangan. Salah satu dari tanda tersebut adalah clubbed fingers atau jari tabuh. Pada kasus jari tabuh, jari bagian atas akan tampak lebih besar dibandingkan bagian bawahnya.

Baca Juga: Vivo V23 Rilis 5 Januari, Ini Spesifikasi dan Harga HP Vivo Terbaru

Di samping itu, kuku juga bisa terlihat berubah putih karena hati tidak begitu berfungsi dengan baik. Indikasi lain adanya penyakit perlemakan hati pada tangan adalah tangan gemetar tanpa sebab. Gejala lain yang patut diwaspadai adalah telapak tangan merah, seperti dilansir Express.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB

5 Ciri Anda Kecanduan Seks, Cek Segera!

Senin, 9 Mei 2022 | 14:47 WIB

4 Penyebab Bau Kaki, Stres hingga Infeksi

Senin, 9 Mei 2022 | 14:37 WIB

9 Cara Mencegah Hepatitis Akut pada Anak

Senin, 9 Mei 2022 | 11:53 WIB
X