Terungkap Rahasia Bawang Putih, Berpotensi Melawan Berbagai Penyakit Mematikan

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 12:52 WIB
[ilustrasi] Terungkap bawang putih memiliki potensi yang luar biasa dalam mengatasi berbagai penyakit mematikan. (Pixabay)
[ilustrasi] Terungkap bawang putih memiliki potensi yang luar biasa dalam mengatasi berbagai penyakit mematikan. (Pixabay)
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Terungkap bawang putih memiliki potensi yang luar biasa dalam mengatasi berbagai penyakit mematikan.
 
Bangsa-bangsa di Timur telah lama menggunakan bawang putih untuk mencegah penyakit mematikan dan menamakannya ‘Penisilin Rusia’ sebagai pengakuan atas daya penyembuh yang dimilkinya.
Dari beberapa bagian dunia, bawang putih lebih dianggap sebagai obat dari pada sebagai bahan untuk bumbu masakan.
 
Dalam beberapa dekade belakangan ini, berbagai penelitian telah membuktikan kemanjuran bawang putih untuk penyembuhan penyakit.
 
 
Pada awal perang dunia pertaman, bawang putih digunakan oleh para dokter berkebangsaan Inggris untuk mengobati infeksi, terutama akibat luka dan sejak saat itu, sejumlah studi laboratorium telah membuktikan nilai terapik terhadap beberapa masalah kesehatan.
Beberapa rahasia bawang putih yang berpotensi melawan berbagai penyakit mematikan:

Tekanan Darah Tinggi
Kandungan bawang putih diketahui memiliki potensi menyembuhkan tekanan darah tinggi.
 
Dr FG Plotrowski dari Universitas Geneve, tahun 1984 telah mengejutkan dunia kedokteran dengan publikasinya, bahwa bawang putih terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
 
Dalam waktu seminggu ia mengamati reduksi tekaanan darh yang cukup tajam kepada 50 dari 100 orang pasien yang setiap hari memakan sejumlah dosis bawang putih.
 
Sedangkan 50 orang lainnya mendapatkan hasil yang serupa, tetapi memakan waktu lebih dari seminggu.
 
Studi di India tahun 1977, menyajikan hasil-hasil yang sama dengan cara pengobatan yang terdiri dari dosis harian bawang putih dan bawang merah.
 
Studi lainnya telah menghasilkan keuntungan serupa bagi para pemakan bawang putih.
 
 
Kolesterol
Kolesterol juga daapat dicegah dengan bawang merah. Hasil-hasil mengejutkan yang diperoleh HC Bansal dan Arun Bordia telah dilaporkan dalam jurnal kedokteran bergengsi Lancent, bahwa empat ons keju diberikan kepada lima orang yang sehat. Tiga jam kemudian kadar kolesterol darahnya rata-rata dari 221, menjadi rata-rata 237.
 
Kemudian kepada orang-orang itu diberikan empat ons keju, bersaamaan dengan itu pula diberikan air bawang putih sebanyak 50 gram.
 
Sungguh mengejutkan. Kadar kolesterol darahnya rata-rata turn dari 228,7 menjadi 212,7 hanya dalam tiga jam.
Luar biasa bukan?

Gejala Flu
Gejala flu dapat diringankan dengan bawang putih. Studi di Rusia menunjukan, bahwa zat dalam bawang putih yang disebut alicin merupakan obat alami yang menakjubkan, karena efek sampingan yang buruk pada banyak pasien. Dia hanya menghancurkan kerusakan bakteri yang berguna.
 
Pernyataan yang sama bahwa, bawang putih sebagai musuh penyakit flu yang tangguh dibuat oleh orang Jerman, bernama Dr J Klosa ia mempublikasikan efek anti flunya pada tahun 1950.
 
Klosa menggunakan larutan minyak bawang putih dan air, kemudian memberikan campuran itu kepada para pasiennya dalam dosis 10 sampai 26 tetes setiap jam.
 
Dikatakannya bahwa, dosis tersebut mempunyai efek mirip antibiotik dan bekerja sangat baik bila digunakan dengan sari bawang merah yang bersih dan masih segar.
 
 
Sementara itu penelitian lain juga dilakukan oleh Dr Jain dari Universitas Benghazi di Libia menunjukan bahwaa bawang putih dapat mengatasi penyakit jantun maupun penyempitan pembuluh nadi dengan mencegah endapan lemak didalam pembuluh nadi.
Kemampuan bawang putih menurunkkan kadar kolesterol darah juga dapat membantu mencegah penyakit-penyakit ini.
 
Sedangkan di Jepang, dokter di Rumah Sakit Angkatan Darat Fukuyan memberikan sari bawang putih kepada penderita encok (arthritis). Ternyata sangat membantu mengurangi berbagaai keluhan.
 

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB
X