6 Cara Mengatasi Penyebab Susah Sendawa

- Senin, 13 Desember 2021 | 15:44 WIB
Beberapa orang kerap merasa susah sendawa. Apa penyebab susah sendawa? Bagaimana cara mengatasi susah sendawa. (Shutterstock)
Beberapa orang kerap merasa susah sendawa. Apa penyebab susah sendawa? Bagaimana cara mengatasi susah sendawa. (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Bersendawa adalah salah satu cara yang paling sederhana untuk meredakan perut kembung. Akan tetapi, beberapa orang merasa susah sendawa. Bagaimana cara mengatasi susah sendawa?

penyebab susah sendawa
Bersendawa bertujuan mengeluarkan gas dari saluran pencernaan ke mulut. Gas yang keluar ini adalah campuran oksigen dan nitrogen.

Penyebab orang susah sendawa adalah masalah pada katup di kerongkongan atau sfingter esofagus. Katup ini dapat membuka kerongkongan untuk meneruskan makanan dari tenggorokan ke saluran cerna.

Baca Juga: Makan Konate Gabung Persib Minggu Ini?

Ketika bersendawa, normalnya otot sfingter ini perlu mengendur beberapa saat agar udara keluar lewat mulut.

Namun, katup sfingter yang tidak bisa melemas dan selalu berkontraksi menyebabkan susah sendawa. Kondisi ini disebut juga retrograde cricopharyngeal dysfunction.

Apa yang terjadi bila susah sendawa?

Menurut riset yang terbit pada jurnal OTO Open, saat kesulitan sendawa, perut terasa kembung, membesar, hingga terasa sakit hingga ke bagian dada.

Kesulitan bersendawa berkaitan dengan proses fermentasi bakteri (mikrobiom) di dalam usus selama mencerna makanan. Proses ini menghasilkan gas di dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB

5 Ciri Anda Kecanduan Seks, Cek Segera!

Senin, 9 Mei 2022 | 14:47 WIB

4 Penyebab Bau Kaki, Stres hingga Infeksi

Senin, 9 Mei 2022 | 14:37 WIB

9 Cara Mencegah Hepatitis Akut pada Anak

Senin, 9 Mei 2022 | 11:53 WIB
X