4 Langkah Utama yang Harus Dilakukan Usai Diagnosis Diabetes Tipe 2

- Minggu, 12 Desember 2021 | 14:43 WIB
Langkah utama yang harus dilakukan setelah di diagnosis diabetes tipe 2. (Freepik)
Langkah utama yang harus dilakukan setelah di diagnosis diabetes tipe 2. (Freepik)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Ada 4 langkah penting yang harus dilakukan usai diagnosis diabetes tipe 2. Diabetes diketahui berlangsung seumur hidup dan dapat memicu terjadinya komplikasi yang serius.

Diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang progresif. Namun, terdiagnosis dengan diabetes tipe 2 bukanlah akhir dari segalanya.

Penderita diabetes tipe 2 bisa menajalani hidup dengan optimal bila penyakitnya terkendali dan terkelola dengan baik sesegera mungkin setelah mendapatkan diagnosis. Dampak dari kadar gula darah yang tak terkontrol mungkin tidak terasa signifikan dalam jangka pendek.

Baca Juga: Diabetes Pada Anak dan Berbagai Penyebabnya

Di awal penyakitnya, pengidap diabetes tak akan langsung merasakan rasa sakit atau konsekuensi yang berat. Akan tetapi, kadar gula darah yang tak terkontrol dalam waktu lama karena diabetes tak terkendali dapat memicu beragam komplikasi berbahaya.

"Seiring waktu, peningkatan kadar gula darah dapat merusak sistem saraf, pembuluh darah, mata, jantung, dan ginjal Anda," ujar edukator diabetes tersertifikasi dan pendiri Nutrition Defined, Ridhima Batra, seperti dikutip Republika dari Indian Express, Sabtu, 11 Desember 2021.

Penurunan berat badan, meski hanya sedikit, berperan penting dalam membantu penyandang diabetes tipe 2 mengelola kadar gula darah. Selain berperan dalam menjaga kesehatan fisik, manajemen diabetes yang baik juga dapat membantu menjaga suasana hati dan tingkat energi.

"Suasana hati dan tingkat energi Anda sangat terdampak secara negatif ketika kadar gula darah Anda tinggi," kata Batra.

Selain mengonsumsi obat dan melakukan kontrol ke dokter secara rutin, ada empat hal lain yang juga penting dilakukan usai diagnosis diabetes tipe 2.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB

5 Ciri Anda Kecanduan Seks, Cek Segera!

Senin, 9 Mei 2022 | 14:47 WIB

4 Penyebab Bau Kaki, Stres hingga Infeksi

Senin, 9 Mei 2022 | 14:37 WIB

9 Cara Mencegah Hepatitis Akut pada Anak

Senin, 9 Mei 2022 | 11:53 WIB
X