Penyebab Berkeringat saat Tidur Malam, Jangan Anggap Sepele

- Selasa, 7 Desember 2021 | 20:49 WIB
erkeringat pada malam hari pada dasarnya merupakan hal yang normal. Namun, ada kalanya berkeringat saat tidur malam patut diwaspadai sebagai tanda masalah kesehatan.ilustrasi (Freepik)
erkeringat pada malam hari pada dasarnya merupakan hal yang normal. Namun, ada kalanya berkeringat saat tidur malam patut diwaspadai sebagai tanda masalah kesehatan.ilustrasi (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Berkeringat pada malam hari pada dasarnya merupakan hal yang normal. Namun, ada kalanya berkeringat saat tidur malam patut diwaspadai sebagai tanda masalah kesehatan.

Tubuh manusia bisa mengeluarkan keringat setiap saat, termasuk pada malam hari. Beberapa faktor penyebab berkeringat saat tidur malam adalah cuaca hingga seprai dan selimut yang hangat.

Akan tetapi, berkeringat pada malam hari sebaiknya tak diabaikan bila suhu ruangan atau cuaca sedang tidak hangat. Selain itu, keringat yang keluar sangat berlebihan hingga membuat baju dan seprai menjadi basah.

Baca Juga: PPKM Level 3 Nasional Batal, Padahal Pemkot Bandung Sudah Buat Perwal Nataru

Keringat berlebih pada malam hari bisa dipicu oleh beberapa masalah kesehatan fisik atau mental. Sebagian di antaranya adalah hot flushes pada menopause, stres dan kecemasan, kadar gula darah rendah, hiperhidrosis, penggunaan alkohol dan obat-obatan, hingga penggunaan obat seperti antidepresan.

Seseorang sebaiknya berkonsultasi dengan dokter bila masalah berkeringat pada malam hari ini terjadi secara rutin. Dokter akan membantu mengetahui penyebab keringat berlebih ini dan memberikan jalan keluarnya.

Bila keringat berlebih pada malam hari ini merupakan efek samping dari obat-obatan, dokter mungkin akan merekomendasikan obat alternatif. Bila masalah keringat ini disebabkan oleh menopause, dokter mungkin bisa memberikan opsi terapi hormonal.

Baca Juga: 37 HP Samsung Terbaru di 2021, Intip Bocoran Daftar Harganya

Bila masalah berkeringat pada malam hari tak diketahui penyebab jelasnya, ada beberapa terapi yang bisa dilakukan untuk meredakan keluhan. Salah satu di antaranya adalah peresepan antiperspirant kuat yang mengandung aluminium klorida heksahidrat.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB

Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi kata BNPB

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:05 WIB

4 Dampak Buruk Akibat Nonton Film Porno

Jumat, 14 Januari 2022 | 12:14 WIB

10 Gejala Awal Kanker, Kenali Sebelum Terlambat

Rabu, 12 Januari 2022 | 15:55 WIB
X