Tanda dan Gejala Diabetes Bisa Terlihat dari Mulut, Kenali Sekarang

- Senin, 6 Desember 2021 | 20:55 WIB
Ilustrasi -- tanda dan gejala diabetes bisa terlihat dari mulut. Jika Anda penderita diabetes, Anda perlu tahu cara menjaga kadar gula darah.(Boldsky)
Ilustrasi -- tanda dan gejala diabetes bisa terlihat dari mulut. Jika Anda penderita diabetes, Anda perlu tahu cara menjaga kadar gula darah.(Boldsky)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tanda dan gejala diabetes bisa terlihat dari mulut. Jika Anda penderita diabetes, Anda perlu tahu cara menjaga kadar gula darah.

Tanda-tanda umum gula darah tinggi termasuk rasa haus yang meningkat dan kebutuhan untuk pergi ke kamar mandi lebih banyak. Namun, para ahli mengatakan, mungkin juga ada indikator di mulut Anda.

Para peneliti mengatakan, orang dengan penyakit gusi yang parah (periodontitis) memiliki waktu yang lebih sulit untuk menjaga kadar gula darah mereka tetap terkendali. "Bagi mereka yang gula darahnya tidak terkontrol dengan baik, mereka mungkin mengalami masalah dengan penyakit gusi," kata American Dental Association (ADA) seperti dilansir di laman New York Post, Ahad (5/12/2021).

Baca Juga: Chord Gitar Buih Jadi Permadani Cover by Zidan dan Tri Suaka, Mudah Bagi Pemula

Sebuah studi sebelumnya yang diterbitkan oleh para ahli di ADA menyatakan orang dengan diabetes mungkin berisiko lebih tinggi terkena penyakit gusi daripada orang tanpa diabetes. Penyakit gusi adalah infeksi serius yang dalam banyak kasus dapat diobati. Jika dibiarkan, dapat menyebabkan kehilangan gigi yang bersifat irreversible karena dapat merusak tulang penyangga gigi.

Karena penyakit gusi adalah infeksi, kemungkinan penderita diabetes akan merasa lebih sulit untuk mengatasinya daripada orang lain. “Bila tidak terkontrol dengan baik, diabetes juga dapat memperlambat proses penyembuhan luka," kata ADA.

Ini berarti jika Anda menderita diabetes, mungkin perlu waktu lebih lama untuk sembuh setelah perawatan gigi seperti pencabutan gigi atau operasi mulut lainnya. Sebuah studi ADA sebelumnya menemukan secara umum, penderita diabetes Amerika lebih rentan terhadap kehilangan gigi dibandingkan mereka yang tidak menderita kondisi tersebut.

Baca Juga: 34 HP Oppo Terbaru 2021, Yuk Cek Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

Sekitar 28 persen penderita diabetes yang diuji dalam penelitian ini telah kehilangan semua gigi mereka. National Health Service (NHS) menyatakan, glukosa ekstra dalam darah Anda dapat meningkatkan kemungkinan penyakit gusi dan infeksi. Panduan resmi menyatakan Anda harus segera menemui dokter gigi jika Anda melihat masalah di mulut Anda.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB

Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi kata BNPB

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:05 WIB

4 Dampak Buruk Akibat Nonton Film Porno

Jumat, 14 Januari 2022 | 12:14 WIB
X