3 Cara Mengatasi Ketiak Hitam Akibat Deodoran, Bisa Cerah Kembali dengan Mudah

- Kamis, 2 Desember 2021 | 15:03 WIB
Ada cara mengatasi ketiak hitam akibat deodoran. Cari tahu penyebab ketiak hitam agar bisa  menerapkan cara efektif mencerahkan ketiak. ilustrasi (Shutterstock)
Ada cara mengatasi ketiak hitam akibat deodoran. Cari tahu penyebab ketiak hitam agar bisa menerapkan cara efektif mencerahkan ketiak. ilustrasi (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Berikut cara mengatasi ketiak hitam akibat deodoran. Ketiak gelap bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman atau malu. Ternyata penyebab ketiak hitam dapat diakibatkan deodoran, antiperspiran, hingga melasma.

Dokter kulit, Madhuri Agarwal, turut menjelaskan bagaimana deodoran berbasis alkohol dapat menggelapkan ketiak seseorang. “Meskipun terdengar menjengkelkan, itu memang benar, dan itu sebuah siklus,” kata dia seperti dilansir di Indian Express, Rabu (1/12/2021).

Ahli menjelaskan, deodoran menyebabkan penggelapan kulit karena hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Ini terjadi karena iritasi atau kerusakan kulit. “Hiperpigmentasi menyebabkan produksi melanin alias pigmen penggelapan kulit dan penggelapan telah dimulai,” ujarnya.

Baca Juga: 2 Link Cek Jadwal dan Lokasi Seleksi PPPK Tahap 2 untuk Guru, Dibuka 2 Desember 2021

Kabar baiknya, dokter juga membagikan beberapa solusi cepat dan efektif untuk mencerahkan ketiak. Selain itu, cara mengatasi ketiak hitam akibat deodoran ini dapat menenangkan radang kulit maupun mencerahkan ketiak yang berubah warna. Berikut tiga cara efektif mencerahkan ketiak.

1. Lidah buaya

Cara pertama, Anda bisa memanfaatkan daun lidah buaya segar. Ekstrak gel-nya dapat dioleskan pada ketiak selama 15-20 menit. Biarkan kering lalu cuci. Cara ini dapat dilakukan dua hari sekali untuk hasil yang efektif.

Pastikan telah membersihkan area berpigmen di ketiak. Jika mencukur bulu ketiak, pastikan tidak mencukur kering karena akan menambah iritasi kulit.

2. Krim pencerah

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB

5 Ciri Anda Kecanduan Seks, Cek Segera!

Senin, 9 Mei 2022 | 14:47 WIB
X