Siapa Pemilik Ingatan Lebih Kuat, Perempuan atau Laki-laki?

- Rabu, 1 Desember 2021 | 16:54 WIB
Siapa pemilik ingatan lebih kuat, perempuan atau laki-laki? Daya ingat setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang mudah lupa dan ada yang mudah mengingat segala hal.ilustrasi (Shutterstock)
Siapa pemilik ingatan lebih kuat, perempuan atau laki-laki? Daya ingat setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang mudah lupa dan ada yang mudah mengingat segala hal.ilustrasi (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Siapa pemilik ingatan lebih kuat, perempuan atau laki-laki? Daya ingat setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang mudah lupa dan ada yang mudah mengingat segala hal. Namun, sering kali laki-laki dianggap sebagai orang pelupa.

Sementara itu, perempuan biasanya punya ingatan yang lebih tajam. Dalam hubungan pribadi, hal ini bisa jadi sumber masalah. Misalnya ketika pasangan yang laki-laki lupa tanggal penting seperti ulang tahun pernikahan.

Kebanyakan pria mudah lupa soal hal-hal seperti ini. Lalu, apakah memang sudah kodratnya pria untuk cepat lupa? Atau hanya kebetulan saja? Nah, sebelum memarahi pasangan karena mudah lupa, coba simak dulu penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Chord Gitar Buih Jadi Permadani by Zidan dan Tri Suaka Lengkap dengan Lirik Lagunya

Siapa pemilik ingatan lebih kuat, perempuan atau laki-laki?
Perempuan ternyata punya daya ingat yang lebih baik dibandingkan laki-laki. Sebuah penelitian neurologi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association pada 2015 mencatat bahwa cara kerja otak perempuan lebih efektif untuk mengingat hal-hal yang terjadi padanya sehari-hari.

Ketika diberi tugas khusus untuk menguji daya ingat peserta penelitian yang berusia 30 sampai 95 tahun, wanita mampu mengingat berbagai hal dengan baik. Hal-hal tersebut antara lain wajah seseorang, peristiwa penting, suara, bau dan aroma, serta letak benda-benda di rumah. Inilah mengapa seorang istri atau ibu biasanya jadi orang yang paling bisa diandalkan ketika Anda lupa menaruh dompet atau kacamata di rumah.

Perbedaan daya ingat ini akan semakin terlihat ketika Anda memasuki usia 40-an. Studi tersebut menunjukkan bahwa seiring bertambahnya usia, daya ingat laki-laki akan menurun jauh lebih cepat dibanding wanita. Bahkan di usia 60 tahun, bagian otak yang mengatur dan mengelola memori pada laki-laki mengalami penyusutan sehingga ukurannya mengecil. Padahal, bagian otak yang disebut hipokampus ini awalnya berukuran sama besar antara laki-laki dan perempuan.

Baca Juga: 12 Daftar HP Oppo Terbaru Desember 2021, Cek Harga hingga Spesifikasi

Mengapa ingatan perempuan lebih tajam dari laki-laki?
Salah satu alasan utama mengapa ingatan perempuan lebih tajam dari laki-laki adalah faktor biologis. Tubuh perempuan memiliki kandungan hormon estrogen dan estradiol yang jauh lebih banyak. Kedua hormon tersebut berperan sangat penting dalam menjaga kesehatan otak. Estrogen mampu melindungi saraf-saraf otak supaya bisa membangun berbagai jalinan koneksi baru.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB

15 Rekomendasi Kuliner Malam Legendaris di Bandung

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:34 WIB

Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi kata BNPB

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:05 WIB

4 Dampak Buruk Akibat Nonton Film Porno

Jumat, 14 Januari 2022 | 12:14 WIB

Lokasi dan Tiket Masuk Margacinta Park Terbaru 2022

Kamis, 13 Januari 2022 | 14:01 WIB
X