Benarkah Gejala Gangguan Pencernaan Sebabkan Sakit Punggung?

- Rabu, 1 Desember 2021 | 11:27 WIB
Ilustrasi sakit perut; Gangguan pencernaan biasanya bukan masalah kesehatan yang mengkhawatirkan, tetapi cukup tidak nyaman. Gejala gangguan pencernaan juga tidak hanya sakit perut. (Anastasia Gepp dari Pixabay )
Ilustrasi sakit perut; Gangguan pencernaan biasanya bukan masalah kesehatan yang mengkhawatirkan, tetapi cukup tidak nyaman. Gejala gangguan pencernaan juga tidak hanya sakit perut. (Anastasia Gepp dari Pixabay )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gangguan pencernaan biasanya bukan masalah kesehatan yang mengkhawatirkan, tetapi cukup tidak nyaman. Gejala gangguan pencernaan juga tidak hanya sakit perut.

Gangguan pencernaan yang juga dikenal sebagai dispepsia, merupakan rasa sakit atau ketidaknyamanan di perut yang terkait dengan kesulitan mencerna makanan.

Mulas dan refluks asam termasuk dua kondisi yang menggambarkan gangguan pencernaan. Tapi, banyak orang yang belum menyadari bahwa nyeri dada pun bisa menjadi gangguan pencernaan, tidak hanya serangan jantung.

Baca Juga: 12 Daftar HP Oppo Terbaru Desember 2021, Cek Harga hingga Spesifikasi

Karena itu, penting sekali untuk mempelajari gangguan pencernaan supaya mencegah hal-hal yang tidak diinginkan atau salah diagnosis. Menurut Guts UK dilansir dari Express, hampir semua orang pernah mengalami gangguan pencernaan dari waktu ke waktu, terutama setelah mengonsumsi makanan berat, pedas atau berlemak.

"Terkadang, kita juga mengalami gangguan pencernaan ketika makan terburu-buru atau terlalu banyak makan dan minum," kata Guts UK.

Beberapa tahun lalu, tukak lambung dan duodenum merupakan penyebab umum gangguan pencernaan, tetapi sekarang lebih jarang terdeteksi. Semakin banyak orang menderita refluks terkait gangguan pencernaan.

Baca Juga: 30 HP Samsung Terbaru 2021, Yuk Cek Daftar Harganya

Karena, asma yang diproduksi di perut mereka bisa membuat refluks kembali ke kerongkongan. Adapun gejala gangguan pencernaan setelah makan atau minum, termasuk:

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Beda Cacar Monyet dengan Cacar Air

Selasa, 24 Mei 2022 | 17:38 WIB

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB
X