Kondisi Jempol Kaki Bisa Tunjukan Peringatan Serius Diabetes

- Sabtu, 27 November 2021 | 09:00 WIB
Peringatan serius diabetes bisa datang dari gejala umum diabetes, termasuk kondisi jempol kaki. Berikut tanda diabetes dari kuku kaki. ilustrasi (Pixabay)
Peringatan serius diabetes bisa datang dari gejala umum diabetes, termasuk kondisi jempol kaki. Berikut tanda diabetes dari kuku kaki. ilustrasi (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Rasa haus yang tak terkendali, kelelahan ekstrem, atau sering bolak-balik ke toilet telah diketahui sebagai gejala umum diabetes. Namun, kini para dokter mengungkap, masalah pada kuku kaki bisa menjadi peringatan serius diabetes.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) menyatakan, pengidap diabetes lebih rentan terhadap infeksi dan setiap luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Sementara itu, kaki merupakan titik komplikasi diabetes yang paling umum dan tanda-tanda pada kuku kaki bisa berarti gejala diabetes.

"Diabetes dapat mengurangi suplai darah ke kaki dan menyebabkan hilangnya perasaan yang dikenal sebagai neuropati perifer. Ini bisa berarti cedera kaki tidak sembuh dengan baik dan Anda mungkin tidak menyadari apakah kaki Anda sakit atau terluka,” demikian pernyataan NHS, seperti dilansir The Sun, Rabu (24/11/2021).

Baca Juga: 30 HP Samsung Terbaru, Cek Daftar Harga dan Spesifikasinya

Salah satu masalah kesehatan yang bisa jadi tanda diabetes adalah cantengan alias paronychia. Penderita diabetes lebih rentan terhadap infeksi kulit dan cenderung mengalami cantengan.

Dinukil Republika.co.id, pengidap diabetes berada pada risiko yang lebih tinggi karena kadar gula darah tinggi dapat melemahkan pertahanan kekebalan tubuh. Jika memiliki paronychia kronis, segeralah periksakan ke dokter umum karena mungkin Anda menderita diabetes yang tidak terdeteksi.

Kondisi peringatan serius diabetes ini biasanya terjadi pada orang dengan diabetes tipe 2. Sebab, penyandang diabetes tipe 1 akan mengalami kadar gula darah tinggi sebelum terdiagnosis.

Diabetes tipe 2 sering kali sulit terdeteksi karena gejalanya kerap berkaitan dengan gaya hidup. Kelelahan, misalnya, adalah salah satu gejala yang mungkin diabaikan oleh penderita diabetes lantaran disangka sebagai efek kehidupan sosial yang aktif atau jadwal kerja yang padat.

Baca Juga: Chord Gitar Buih Jadi Permadani by Zidan dan Tri Suaka Lengkap dengan Lirik Lagunya

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penyebab Serangan Jantung yang Sering Diabaikan

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:43 WIB

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB
X