Cara Berhenti Merokok dengan Resep dari Zaidul Akbar, Cukup Konsumsi Mentimun?

- Jumat, 26 November 2021 | 15:38 WIB
Simak cara berhenti merokok dengan resep dari Zaidul Akbar. Demi menghentikan berbagai penyakit dapat menghampiri tubuh Anda. (Pixabay)
Simak cara berhenti merokok dengan resep dari Zaidul Akbar. Demi menghentikan berbagai penyakit dapat menghampiri tubuh Anda. (Pixabay)
Simak cara berhenti merokok dengan resep dari Zaidul Akbar. Demi menghentikan berbagai penyakit yang dapat menghampiri tubuh Anda.
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Rokok atau sigaret berisikan daun-daun tembakau kering yang telah dicacah. Berkuruan silinder dari kertas yang berukuran panjang, mulai 70 sampai 120 mm.

Terlihat mudah, cara merokok cukup dengan membakar pada salah satu ujungnya. Biarkan menyala dan membara, lalu ujung satunya lagi dihisap melalui mulut. Tetapi, dampak buruknya cukup dahsyat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sekitar 5,4 juta orang meninggal dunia setiap tahunnya akibat penyakit yang disebabkan oleh rokok.

Angkai itu diprediksi akan terus naik, terutama di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Berdasarkan data The Tobacco Atlas tahun 2016, Indonesia berada di peringkat pertama mengenai jumlah perokok di ASEAN.

Bahaya merokok sendiri sudah digencarkan oleh Pemerintah dengan memberikan gambaran penyakit yang disebabkan oleh kandungan utama rokok, yaitu nikotin dan tar.

Nikotin ini memiliki pengaruh kuat terhadap peristiwa ketergantungan atau kecanduan rokok.
 
 
Dari kecanduan itulah, berbagai penyakit dapat menghampiri tubuh Anda. Berikut beberapa penyakit yang disebabkan oleh kecanduan rokok:

1. Kanker

Baik pada pria maupun perempuan, kanker paru-paru menjadi risiko tertinggi apabila kecanduan merokok.

Faktanya, mereka yang menjadikan rokok sebagai teman dekatnya dalam kehidupan, memiliki resiko kematian akibat kanker paru-paru sebanyak 23 kali lebih besar bagi pria dan 13 kali bagi perempuan.

2. Jantung Koroner
 
Perokok aktif memiliki peluang lebih tinggi sebanyak 2-4 kali lebih besar untuk terkena penyakit jantung koroner.
 
Selain memperparah kondisi jantung, semakin banyak batang rokok yang dihisap maka semakin parah pula kondisi tubuh sehingga dapat menimbulkan penyakit lain, seperti stroke.

3. Menyebabkan Kebutaan
 
Sebuah penelitian pada 2007 menunjukkan, perokok aktif memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami degenerasi makula atau penyebab kebutaan yang biasa terjadi pada orang dewasa atau lanjut usia.

4. Gangguan Janin
 
Bagi para ibu hamil, sebaiknya berhenti untuk mengkonsumsi rokok demi kesehatan janin dalam kandungan terjaga.
 
Risiko lebih parah bukan hanya terletak pada ibu hamil saja, melainkan pada perempuan single, belum menikah juga memiliki risiko kemandulan akibat hobi merokok.
 
 
Pendakwah sekaligus praktisi kesehatan, Dr Zaidul Akbar memberikan resep herbal agar dapat berhenti merokok. Resep tersebut salah satunya dengan mengkonsumsi mentimun.

Melansir dari akun Instagram @zaidulakbar resep pada Jumat, 26 November 2021, penulis buku Jurus Sehat Rasulullah itu menjelaskan bagaimana kinerja mentimun cocok bagi kesehatan, terutama perokok aktif.

"Kandungan alkali dalam mentimun bisa membersihkan organ tubuh dari bahaya nikotin," ujar dr. Zaidul Akbar.

Tak hanya itu, dia juga memberitahukan waktu terbaik untuk mengkonsumsi buah mentimun ini,  yakni setelah selesai makan. Dia menyarankan agar mentimun dikonsumsi sekaligus dengan bijinya.

Menurut dr. Zaidul Akbar, buah mentimun bukan hanya dapat membersihkan paru-paru, tapi juga bisa digunakan sebagai terapi kecanduan merokok.
 
Baca Juga: Duh, Warga Bandung Masih Merokok di Kawasan Tanpa Rokok

"Mengonsumsinya saat berkeinginan untuk merokok, jadi dapat membantu untuk berhenti kecanduan pada rokok," jelasnya.
 
Demikian informasi cara berhenti merokok dengan resep dari Zaidul Akbar yaitu cukup dengan mentimun. Selamat mencoba. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penyebab Serangan Jantung yang Sering Diabaikan

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:43 WIB

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB
X