Baca Buku Bikin Otak Bekerja Lebih Baik, Ini Penjelasannya

- Rabu, 24 November 2021 | 19:22 WIB
Suka membaca buku tak hanya menambah wawasan, tapi juga baik untuk kerja otak. Membaca buku bisa membuat otak bekerja lebih baik.ilustrasi (Pixabay/Congerdesign)
Suka membaca buku tak hanya menambah wawasan, tapi juga baik untuk kerja otak. Membaca buku bisa membuat otak bekerja lebih baik.ilustrasi (Pixabay/Congerdesign)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Suka membaca buku tak hanya menambah wawasan, tapi juga baik untuk kerja otak. Sebab dalam neuro sains, disebutkan bahwa membaca tidak hanya mengisi otak kita dengan informasi tetapi juga membuat otak bekerja lebih baik.

Membaca dapat mengubah cara otak berpikir dan memproses sesuatu dengan cara yang lebih baik. Itu sebabnya, para ahli menyarankan kita untuk membaca setiap hari.

Dilansir dari Time of India, disebutkan bahwa membaca buku sangat penting bagi orang-orang dari semua kelompok umur. Bahkan disebutkan bahwa menghabiskan waktu 30 menit untuk membaca tentang hal-hal yang Anda minati sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga: 5 Puisi Hari Guru 2021 Singkat yang Menyentuh Hati dan Sedih untuk anak TK, SD, SMP, SMA

hal itu karena membaca memiliki banyak manfaat jangka pendek dan jangka panjang. Bukan hanya meningkatkan kesadaran tentang dunia di sekitar Anda, tetapi juga semacam latihan mental, yang sama pentingnya dengan latihan fisik.

Meskipun masih diperlukan lebih banyak penelitian, para ahli sepakat bahwa membaca pada dasarnya adalah latihan empati. Ini membantu kita untuk memahami perspektif orang lain yang sangat berbeda dari kita, dan karenanya meningkatkan kecerdasan emosional (EQ).

Dinukil Himedik.com, dalam studi yang dilakukan untuk memahami dampak membaca, peneliti dapat melihat efeknya pada gelombang otak. Jika karakter dalam buku tersebut sedang berolahraga, area otak Anda akan diaktifkan seolah-olah Anda sedang berkeringat di gym.

Penelitian lain menunjukkan bahwa buku yang membuat Anda mempertanyakan kehidupan dan hal-hal di sekitar Anda, membantu Anda untuk fokus dan memahami ide-ide kompleks dengan mudah.

Baca Juga: 30 HP Samsung Terbaru 2021, Yuk Cek Daftar Harganya

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ternyata Ini Rahasia Gaya Stylish Jonathan Frizzy

Kamis, 2 Desember 2021 | 20:28 WIB

DDD Challenge Viral di TikTok, Kenali Bahayanya

Kamis, 2 Desember 2021 | 15:30 WIB

Meniran Diklaim Bisa Jadi Obat Covid-19, Benarkah?

Selasa, 30 November 2021 | 14:31 WIB
X