Waspadai Penyebab Tekanan Darah Rendah, Jangan Remehkan

- Rabu, 24 November 2021 | 19:03 WIB
Tekanan darah rendah atau dalam bahasa medis biasa disebut hipotensi biasanya tidak berbahaya dan siapa saja bisa mengalaminya.Ilustrasi (Hippopx)
Tekanan darah rendah atau dalam bahasa medis biasa disebut hipotensi biasanya tidak berbahaya dan siapa saja bisa mengalaminya.Ilustrasi (Hippopx)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kondisi tekanan darah rendah atau dalam bahasa medis biasa disebut hipotensi biasanya tidak berbahaya dan siapa saja bisa mengalaminya. Tetapi beberapa orang akan merasa lemas ketika mengalami tekanan darah rendah. Tekanan darah normal berkisar antara 90/60 mmHg dan 120/80 mmHg, jika tekanan darah berada dibawah angka tersebut maka seseorang sedang mengalami tekanan darah rendah.

Tekanan darah seseorang berubah sesuai dengan kegiatan yang dilakukan oleh orang tersebut. Tekanan darah rendah sebenarnya tidak hanya dialami oleh orang-orang dewasa, tetapi anak-anak juga dapat mengalaminya.

Kebanyakan orang hanya akan khawatir ketika tekanan darah tinggi atau hipertensi, padahal tekanan darah rendah juga perlu diwaspadai karena beberapa orang akan merasakan gejala seperti pingsan dan sesak napas. Lantas apa penyebab tekanan darah rendah?

Baca Juga: 5 Puisi Hari Guru 2021 Singkat yang Menyentuh Hati dan Sedih untuk anak TK, SD, SMP, SMA

Dilansir dari Alodokter, hipotensi atau tekanan darah rendah bisa disebabkan oleh beberapa kondisi atau penyakit diantaranya.

1. Penyakit Jantung

Fungsi jantung akan terganggu sehingga menyebabkan jantung tidak dapat memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh. Maka kondisi ini menyebabkkan tekanan darah menjadi turun.

2. Dehidrasi

Ternyata kekurangan cairan juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah, hal tersebut dapat terjadi karena ketika seseorang kekurangan cairan maka volume darah akan berkurang dan mengakibatkan tekanan darah menjadi rendah.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Meniran Diklaim Bisa Jadi Obat Covid-19, Benarkah?

Selasa, 30 November 2021 | 14:31 WIB

BAB Setiap Hari Sehat? Ini Jawabannya

Selasa, 30 November 2021 | 12:15 WIB

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB

Waspadai 5 Efek Samping Setelah Sembuh Demam Berdarah

Senin, 29 November 2021 | 18:17 WIB

7 Ciri Berat Badan Mulai Turun dan Angka Idealnya

Senin, 29 November 2021 | 15:10 WIB

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB
X