Cara Mengobati Sakit Leher karena Salah Bantal, Tips Cepat dan Mudah

- Rabu, 24 November 2021 | 15:39 WIB
Sakit leher karena salah bantal menjadi salah satu keluhan umum. Bagaimana cara mengobati sakit leher karena salah bantal? ilustrasi (Shutterstock)
Sakit leher karena salah bantal menjadi salah satu keluhan umum. Bagaimana cara mengobati sakit leher karena salah bantal? ilustrasi (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kondisi sakit leher karena salah bantal menjadi salah satu keluhan umum banyak orang saat bangun tidur. Kondisi ini bisa mengurangi mobilitas seseorang hingga mengganggu aktivitas. Bagaimana cara mengatasi sakit akibat salah bantal? Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu sakit leher karena salah bantal?
Salah bantal adalah sebutan umum bagi masyarakat Indonesia dalam menggambarkan kondisi leher kaku setelah bangun tidur. Istilah ini muncul karena penyebabnya sering dikaitkan dengan salah memposisikan bantal saat tidur atau posisi tidur tidak tepat.

Anda menghabiskan waktu sekitar 6-8 jam per harinya selama tidur. Ketika posisi tubuh atau bantal yang digunakan tidak tepat, maka dapat membuat otot jadi tegang. Akhirnya, Anda akan merasa leher kaku, kadang disertai rasa nyeri. Kondisi ini bisa memperlambat gerak tubuh dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: 5 Puisi Hari Guru 2021 Singkat yang Menyentuh Hati dan Sedih untuk anak TK, SD, SMP, SMA

cara mengobati sakit leher karena salah bantal yang bisa Anda coba di rumah

Kebanyakan kondisi ini bersifat ringan dan bisa diobati dengan perawatan rumah. Simak cara mengatasi salah bantal menurut Harvard Health Publishing di bawah ini.

1. Kompres es dan air hangat
Redakan rasa kaku dan nyeri pada otot yang menegang dengan cara menempelkan kompres es dan air hangat pada leher.

Caranya, cukup bungkus batu es menggunakan handuk lalu tempelkan pada leher yang kaku selama 10 menit. Lakukan selama dua sampai tiga hari ketika keluhan itu muncul.

Selain kompres dingin, Anda juga bisa berendam air hangat jika gejala sakit akibat salah bantal terus berlangsung. Tidak hanya otot di sekitar leher, otot lain pada tubuh juga akan lebih rileks. Anda juga bisa menggunakan bantal pemanas (hot pack). Namun, hindari menempelkan bantal pemanas selama tidur karena suhunya bisa melukai permukaan kulit bagian luar.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Meniran Diklaim Bisa Jadi Obat Covid-19, Benarkah?

Selasa, 30 November 2021 | 14:31 WIB

BAB Setiap Hari Sehat? Ini Jawabannya

Selasa, 30 November 2021 | 12:15 WIB

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB

Waspadai 5 Efek Samping Setelah Sembuh Demam Berdarah

Senin, 29 November 2021 | 18:17 WIB

7 Ciri Berat Badan Mulai Turun dan Angka Idealnya

Senin, 29 November 2021 | 15:10 WIB

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB
X