Sering Jadi Pelengkap Makanan, Sayuran Ini Justru Bisa Memicu Diabetes

- Rabu, 24 November 2021 | 15:05 WIB
Tomat, salah satu pelengkap makanan yang memicu diabetes dan bahaya bagi kenaikan gula darah penderita diabetes tipe 2.  (Pixabay)
Tomat, salah satu pelengkap makanan yang memicu diabetes dan bahaya bagi kenaikan gula darah penderita diabetes tipe 2. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sayuran menjadi salah satu makanan yang sehat. Namun, ada beberapa makanan pemicu diabetes.

Jika tidak hati-hati dalam memilih makanan, justru gula darah naik, apalagi beberapa sayuran ini sering jadi pelengkap makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Terutama bagi penderita Diabetes tipe 2, beberapa sayuran justru bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Baca Juga: Gula Darah Naik Turun? Waspadai Brittle Diabetes

Dilansir dari himedik.com, diabetes tipe 2 merupakan kondisi tubuh yang tidak bisa menghasilkan insulin cukup. Padahal insulin merupakan hormon yang mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Tidak bisa mengontrol kadar gula darah bisa berdampak buruk pada tubuh. Karena itu, dalam kondisi ini penderita diabetes tipe 2 harus menemukan cara menghasilkan insulin atau menirunya.

Diet berperan penting untuk menghasilkan insulin dan sejumlah variabel yang bisa mempengaruhi makanan dipecah menjadi gula darah.

Baca Juga: Kurang Tidur Picu Diabetes Tipe 2, Kenali Penyebabnya

Semakin cepat makanan dipecah, maka semakin jelas dampaknya terhadap kadar gula darah.

Menurut Dokter Ralph Abraham, Konsultan Diabetes, Gangguan Lipid dan Endokrinologi di Rumah Sakit King Edward VII, sayuran tertentu memiliki indeks glikemik (GI) tinggi.

Indeks glikemik (GI) adalah sistem penilaian untuk makanan yang mengandung karbohidrat. Hal ini, menunjukkan seberapa cepat setiap makanan mempengaruhi kadar gula darah ketika makanan itu dikonsumsi.

Makanan karbohidrat yang dipecah dengan cepat oleh tubuh dan menyebabkan peningkatan glukosa darah yang cepat memiliki peringkat GI yang tinggi.

Baca Juga: Ikan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

"Tomat dan kentang termasuk makanan yang biasanya memiliki indeks glikemik tinggi, Sedangkan, ubi jalar yang rasanya lebih manis memiliki indeks glikemik yang lebih rendah," kata dokter Abraham.

Khusus tomat yang sering menjadi pelengkap makanan sehari-hari, memiliki kandungan gula yang bervariasi tergantung jenis dan tingkat kematangannya. Semua sayuran memang tidak sama.

"Ada lebih dari 300 jenis kentang dan kentang salad atau kentang yang mempertahankan strukturnya setelah dimasak, yang tidak menyebabkan kenaikan glukosa sebanyak kentang yang dihaluskan," katanya.

Baca Juga: Segera Periksa Mata saat Terdiagnosis Diabetes, Ini Alasannnya

Semakin lama waktu pengolahan sayuran untuk dimakan juga membuatnya memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Hal ini berlaku pada jenis sayuran wortel dan kentang.

Makanan dengan GI rendah, biasanya membutuhkan waktu lama untuk pecah dan berpotensi menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara bertahap seiring waktu. Proses memasak dan penyajian sayuran akan berdampak pada tingkat GI, tak hanya jenis sayurannya.

Menurut dokter Abraham, semakin rendah kandungan lemak sayuran, maka semakin lambat tingkat glukosa dipecah. Kentang panggang dengan mentega akan lebih sedikit glikemiknya daripada kentang tanpa mentega.

Baca Juga: 5 Manfaat Jagung Ungu, Usir Diabetes hingga Darah Tinggi

Dengan tepat mengolah, bisa menghindari risiko-risiko tersebut. Salah satunya dengan memasak menggunakan minyak zaitun.

Dengan demikian, lebih baik menghindari sayuran yang bisa memicu diabetes, apalagi tomat khususnya sering menjadi pelangkap makanan seperti nasi goreng, atau dijadikan bumbu dalam sup dan lainnya.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB

Waspadai 5 Efek Samping Setelah Sembuh Demam Berdarah

Senin, 29 November 2021 | 18:17 WIB

7 Ciri Berat Badan Mulai Turun dan Angka Idealnya

Senin, 29 November 2021 | 15:10 WIB

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB
X