Gula Darah Naik Turun? Waspadai Brittle Diabetes

- Selasa, 23 November 2021 | 17:43 WIB
Brittle diabetes sering dikenal dengan nama diabetes labil. Tandanya yaitu kadar gula darah tidak stabil atau gula darah naik turun. (Shutterstock)
Brittle diabetes sering dikenal dengan nama diabetes labil. Tandanya yaitu kadar gula darah tidak stabil atau gula darah naik turun. (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kondisi brittle diabetes sering dikenal dengan nama diabetes labil. Tandanya yaitu kadar gula darah tidak stabil atau gula darah naik turun. Kondisi ini bisa jadi tanda bahwa penyakit diabetes melitus yang dialami sudah cukup parah. Bagaimana cara mencegahnya?

Apa itu brittle diabetes?
Brittle diabetes adalah kondisi terjadi ketika kadar gula darah sulit dikendalikan, artinya perubahan kadar gula yang naik dan turun bisa berlangsung cepat.

Kondisi ini dapat memengaruhi kualitas hidup, bahkan membuat Anda harus dirawat di rumah sakit. Diabetes labil juga menunjukkan bahwa kadar gula darah Anda selama ini tidak ditangani dengan baik.

Baca Juga: Link Download WhatsApp GB APK 2021 dan Fitur Lengkapnya, Bisa Kirim Pesan Terjadwal

Kondisi ini biasanya lebih sering terjadi pada penderita diabetes tipe 1. Namun, tidak berarti semua penderita diabetes tipe 1 pasti akan mengalami komplikasi ini. Orang dengan diabetes tipe 2 juga tetap memiliki risiko untuk mengalaminya.

Beberapa dokter mengklasifikasikan diabetes labil sebagai salah satu komplikasi diabetes, tetapi dokter-dokter lainnya menganggap ini adalah turunan dari diabetes tipe 1.

Namun, berkat kemajuan dalam pengobatan diabetes, brittle diabetes sudah jarang terjadi. Meski begitu, kondisi ini masih menjadi momok menakutkan bagi para penyandang diabetes.

Apa saja faktor-faktor pemicu gula darah naik turun?
Diabetes tipe 1 ditandai dengan kadar gula darah yang terlalu tinggi (hiperglikemia) akibat tubuh tidak mampu menghasilkan insulin. Oleh karena itu, terapi insulin menjadi pengobatan andalan untuk diabetes tipe 1.

Nah, efek terapi insulin membuat tubuh menjadi lebih sensitif pada insulin sehingga membantu kadar gula darah turun.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB

Sering Mengantuk Setelah Makan, Ini Penyebabnya

Kamis, 25 November 2021 | 16:21 WIB
X