Makanan Sehat untuk Usia 50 Tahun ke Atas

- Senin, 22 November 2021 | 17:45 WIB
Berikut ini ialah empat makanan sehat untuk usia 50 tahun ke atas. Bagus untuk rutin dikonsumsi secara teratur. (Pixabay/coyot)
Berikut ini ialah empat makanan sehat untuk usia 50 tahun ke atas. Bagus untuk rutin dikonsumsi secara teratur. (Pixabay/coyot)

Berikut ini ialah empat makanan sehat untuk usia 50 tahun ke atas. Bagus untuk rutin dikonsumsi secara teratur.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Penuaan merupakan sebuah proses alami yang pasti akan dialami oleh setiap orang. Akan tetapi, beberapa faktor seperti polusi, alkohol, stres, kebiasaan merokok, dan pola makan dapat mempercepat proses penuaan ini.

Pola makan yang tinggi akan makanan olahan, gula, dan lemak jenuh dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas. Menurut studi dalam Obesity Reviews, obesitas dapat mempercepat proses penuaan dengan cara memperpendek panjang telomer, bagian paling ujung dari DNA.

Sebaliknya, penerapan pola makan yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh sekaligus memperlambat proses penuaan. Tak hanya itu, pola makan yang tepat juga bisa menunda munculnya tanda penuaan dini dan penurunan kognitif terkait usia.

Ada beberapa makanan yang diketahui dapat membantu memperlambat proses penuaan dan kemunculan tanda penuaan ketika seseorang memasuki usia 50 tahun. Berikut ini adalah empat makanan di antaranya, seperti dilansir Republika, Senin (22 November 2021).

Baca Juga: Makanan Sehat Ini Tingkatkan Risiko Diabetes hingga 60%, Tak Cuma Kolesterol!

Sayuran berdaun hijau

Sayur berdaun hijau seperti bayam, kale, dan chard merupakan jenis sayuran yang kaya akan protein, vitamin esensial, kalsium, lemak sehat, antioksidan, dan rendah kalori. Kandungan ini dapat membantu menunjang kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara rutin.

Oleh karena itu, banyak ahli kesehatan merekomendasikan semua orang dari berbagai kelompok usia untuk meningkatkan konsumsi sayuran berdaun hijau. Menurut sebuah studi, konsumsi satu porsi sayuran berdaun hijau setiap hari dapat membantu menunda penurunan kognitif pada orang berusia di atas 50 tahun.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB

Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi kata BNPB

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:05 WIB

4 Dampak Buruk Akibat Nonton Film Porno

Jumat, 14 Januari 2022 | 12:14 WIB
X