5 Penyebab Perut Kembung, Waspada Sindrom Iritasi Usus

- Minggu, 21 November 2021 | 16:56 WIB
Kenali lima penyebab perut kembung berikut ini. Bisa jadi kondisi itu merupakan pertanda dari penyakit tertentu, seperti sindrom iritasi usus. (Pixabay/Elf-Moondance )
Kenali lima penyebab perut kembung berikut ini. Bisa jadi kondisi itu merupakan pertanda dari penyakit tertentu, seperti sindrom iritasi usus. (Pixabay/Elf-Moondance )

Kenali lima penyebab perut kembung berikut ini. Bisa jadi kondisi itu merupakan pertanda dari penyakit tertentu, seperti sindrom iritasi usus.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Setiap orang pasti pernah mengalami perut kembung yaitu sensasi penuh pada perut yang membuatnya merasa tidak nyaman. Perut kembung juga bisa membuat seseorang tidak percaya diri karena terkadang perut terlihat membuncit.

Perut kembung disebabkan oleh banyak faktor, berikut uraiannya seperti dilansir di Republika, Minggu (21 November 2021):

Ahli gizi klinis Suzie Sawyer menjelaskan, makan sambil berjalan memungkinkan tubuh juga menelan lebih banyak udara. Alih-alih masuk ke paru-paru, sebagian dari udara itu masuk ke kerongkongan lalu ke perut dan akhirnya ke usus besar, sehingga memicu kembung. Jadi usahakan makan sambil duduk dan kunyahlah makanan sekitar 30 kali sebelum ditelan.

  • Minuman bersoda

Minuman berkarbonasi mengandung karbondioksida dan gas yang dapat memicu perut kembung. Pemanis buatan dalam soda juga semakin menambah masalah karena sulit dicerna oleh tubuh. “Air putih adalah minuman terbaik, sedangkan teh hitam, hijau atau herbal baik untuk pencernaan. Jadi hindari minuman bersoda yang memicu kembung,” kata Sawyer.

 

 

  • Sembelit

Sawyer mengatakan, semakin lama feses berada di usus besar, maka semakin banyak gas yang tertahan di sana. Untuk mengatasinya, cobalah tingkatkan asupan serat untuk menambah jumlah feses dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan. Minum lebih banyak air dan berolahraga secara teratur juga akan membuat usus tetap bergerak.

Baca Juga: Hati-hati, Perut Kembung Bisa Jadi Tanda Gagal Jantung!

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Penyebab Osteoporosis di Usia Muda, Apa Saja?

Rabu, 26 Januari 2022 | 16:08 WIB

Gejala Omicron Paling Buruk, Kenali 10 Daftarnya

Rabu, 26 Januari 2022 | 15:43 WIB

Penyebab Serangan Jantung yang Sering Diabaikan

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:43 WIB

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB
X