Minum Air Dingin Ampuh Jadi Cara Menurunkan Berat Bandan, Mitos atau Fakta?

- Jumat, 19 November 2021 | 16:58 WIB
Minum air dingin dipercaya dapat membuat tubuh membakar lebih banyak kalori hingga jadi cara cara menurunkan berat badan. Benarkah demikian?ilustrasi (Shutterstock)
Minum air dingin dipercaya dapat membuat tubuh membakar lebih banyak kalori hingga jadi cara cara menurunkan berat badan. Benarkah demikian?ilustrasi (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tak hanya menyegarkan, minum air dingin juga katanya dapat menjadi cara menurunkan berat badan, lho. Ini karena minum air dingin dipercaya dapat membuat tubuh membakar lebih banyak kalori hingga jadi cara cara menurunkan berat badan. Benarkah demikian? Mari simak faktanya di artikel ini.

Pada dasarnya, minum banyak air putih memang bermanfaat sebagai cara menurunkan berat badan. Pasalnya, dengan minum air putih, terutama sebelum makan, bisa membantumu untuk menurunkan nafsu makan dan membuatmu lebih cepat kenyang.

Fakta minum air dingin untuk cara menurunkan berat badan
Anggapan bahwa minum air dingin dapat membakar lebih banyak kalori nyatanya tidak sepenuhnya salah, lho. Sebuah studi menyebutkan, minum segelas air dingin bisa membakar sekitar 8 kalori lebih banyak dibandingkan dengan minum air bersuhu ruangan.

Baca Juga: Link Download WhatsApp GB APK 2021 dan Fitur Lengkapnya, Bisa Kirim Pesan Terjadwal

Hal tersebut bisa terjadi karena saat minum air dingin, tubuh akan mengeluarkan energi lebih banyak untuk menyesuaikan suhu air yang dikonsumsi dengan suhu tubuh. Selain itu, saat mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, metabolisme di dalam tubuh juga meningkat akibat terjadinya proses thermogenesis.

Kendati demikian, perbedaan jumlah kalori yang dibakar setelah minum air dingin sebenarnya tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan minum air hangat atau air bersuhu ruangan.

Jika pola dan jenis makanan yang dikonsumsi juga tidak disesuaikan dan hanya mengandalkan konsumsi air dingin saja, maka target penurunan berat badan pun akan sulit tercapai.

cara menurunkan berat badan yang efektif
Seperti yang disebutkan sebelumnya, untuk menurunkan berat badan secara efektif tidak cukup hanya dengan mengandalkan minum air dingin saja. Selain itu, salah satu hal yang perlu dicermati adalah jangan sampai kesehatan terabaikan hanya karena fokus mengejar penurunan berat badan.

Baca Juga: 32 Daftar HP Oppo Terbaru 2021, Berapa Harga Oppo A95?

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB

Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi kata BNPB

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:05 WIB

4 Dampak Buruk Akibat Nonton Film Porno

Jumat, 14 Januari 2022 | 12:14 WIB
X