Gejala Kolesterol Tinggi Terlihat dari Kebiasaan Tidur, Kenali Sekarang

- Jumat, 19 November 2021 | 12:04 WIB
Gejala kolesterol tinggi sering kali terabaikan. Tapi kebiasaan tidur dapat menjadi tanda peringatan mengenai kadar kolesterol tinggi.Ilustrasi (Pexels)
Gejala kolesterol tinggi sering kali terabaikan. Tapi kebiasaan tidur dapat menjadi tanda peringatan mengenai kadar kolesterol tinggi.Ilustrasi (Pexels)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kadar dan gejala kolesterol tinggi sering kali terabaikan. Akan tetapi, pola tidur dan kebiasaan tidur tertentu dapat menjadi tanda peringatan kadar kolesterol tinggi.

Dr Don Grant mengatakan kadar kolesterol yang tinggi biasanya diketahui melalui dua cara. Salah satunya adalah ketika kondisi tersebut menyebabkan masalah kesehatan seperti serangan jantung. Cara lainnya adalah melalui tes darah.

Sebuah studi pada 2014 mengungkapkan, kadar kolesterol tinggi juga bisa dikenali melalui pola tidur. Studi ini menemukan bahwa kadar kolesterol tinggi kerap berkaitan dengan kesulitan tidur atau tidur tidak nyenyak.

Baca Juga: Link Download WhatsApp GB APK 2021 dan Fitur Lengkapnya, Bisa Kirim Pesan Terjadwal

Temuan ini memang tak bisa serta-merta menjadikan kesulitan tidur sebagai salah satu gejala kolesterol tinggi. Akan tetapi, kesulitan tidur atau tidur tidak nyenyak bisa menjadi dasar untuk mempertimbangkan tes kadar kolesterol.

"Bukan sesuatu yang tidak masuk akal untuk mengatakan bahwa, bila orang-orang memiliki masalah tidur atau tidur tidak nyenyak, mereka mungkin perlu mempertimbangkan tes darah untuk memastikan apakah mereka memiliki kolesterol yang tinggi," ujar dr Grant, seperti dilansir di Mirror, Kamis (18/11).

Meski kerap tak bergejala, kadar kolesterol tinggi merupakan masalah kesehatan yang harus ditangani dengan serius. Bila tak terkelola dengan baik, kadar kolesterol tinggi dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan membuat penderitanya rentan terhadap serangan jantung.

kadar kolesterol tinggi akan membuat lemak menumpuk di dalam pembuluh darah. Penumpukan lemak atau plak ini akan membuat pembuluh darah menyempit sehingga bisa mengganggu aliran darah ke organ penting seperti jantung dan otak.

Baca Juga: 28 Daftar HP Samsung Terbaru 2021, Cek Spesifikasi dan Harga

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB

Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi kata BNPB

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:05 WIB

4 Dampak Buruk Akibat Nonton Film Porno

Jumat, 14 Januari 2022 | 12:14 WIB
X