Gejala Diabetes pada Wanita, Salah Satunya Masalah Seksual

- Rabu, 17 November 2021 | 18:28 WIB
Gejala Diabetes pada Wanita, Salah Satunya Masalah Seksual. (Pixabay)
Gejala Diabetes pada Wanita, Salah Satunya Masalah Seksual. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ada gejala diabetes pada wanita yang berbeda dengan pria. Beberapa gejala yang timbul akan berbeda, salah satunya masalah seksual.

Secara umum, diagnosis awal penyakit gula ini berupa merasa lapar dan haus secar berlebih, sering buang air kecil, atau terjadi perubahan berat badan drastis tanpa alasan jelas.

Gejala diabetes memang bisa dirasakan oleh setiap orang, baik terasa maupun tidak. Namun ada gejala diabetes pada wanita yang tidak dirasakan oleh pria. Berikut gejala penyakit gula yang spesifik dirasakan oleh wanita:

Baca Juga: Segera Periksa Mata saat Terdiagnosis Diabetes, Ini Alasannnya

Infeksi Saluran Kemih

Wanita memiliki kerentanan lebih tinggi dibanding pria terkena infeksi saluran kemih, terutama yang menderita diabetes. Urine yang memiliki kadar gula tinggi, memudahkan bakteri berkembang biak.

Salah satu tanda infeksi saluran kemih adalah nyeri ketika buang air kecil, kencing berdarah sampai demam.

Penurunan Seksual

Masalah seksual menjadi salah satu gejala wanita mengidap diabetes. Umumnya ciri-ciri yang dirasakan adalah menurunnya keinginan seksual, juga vigina yang lebih kering.

Gejala diabetes pada wanita dengan disfungsi seksual ini dikarenakan kerusakan serabut saraf akibat tingginya kadar gula dalam darah.

Baca Juga: Waspadai Gejala Diabetes pada Pusar, Ini Tanda-tanda Diabetes Semakin Parah

Jamur Pada Vagina

Gula darah yang tinggi berisiko memudahkan jamur candida mudah tumbuh di area vagina. Wanita yang mengidap diabetes akan lebih sering terinfeksi jamur pada bagian vital ini.

Biasanya rasa gatal pada area kewanitaan, nyeri, keputihan dan perih dirasakan ketika terserang jamur.

Infeksi jamur pada vagina juga membuat adanya penurunan seksual, karena wanita akan merasa tidak nyaman berhubungan seks saat terinfeksi.

Siklus Menstruasi Berubah

Perubahan hormon bisa menyebabkan kadar gula darah tidak menentu. Hal ini bisa membuat siklus menstruasi berubah, seperti lebih lama atau gejala yang lebih berat. Disarankan sebelum menstruasi dilakukan pengecekan kadar gula darah.

Baca Juga: Gejala Diabetes Bisa Terlihat di Area Kelamin, Jarang Disadari

Mengetahui gejala diabetes pada wanita, termasuk masalah seksual lebih awal bisa membuat kaum hawa lebih waspada jika mendapat keluhan di atas. Segera melakukan pemeriksaan apabila mendapati keluhan di atas kepada dokter, agar dampak lebih serius dari diabetes bisa dicegah.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB
X