Konsumsi Rutin Anggur Bisa Jadi Obat Kolesterol Alami

- Rabu, 17 November 2021 | 11:17 WIB
Obat kolesterol alami ternyata tak perlu susah dicari. Apalagi konsumi rutin anggur bisa menjadi solusi penurun kolesterol. (Freepik)
Obat kolesterol alami ternyata tak perlu susah dicari. Apalagi konsumi rutin anggur bisa menjadi solusi penurun kolesterol. (Freepik)

obat kolesterol alami ternyata tak perlu susah dicari. Apalagi manfaat konsumi rutin anggur bisa menjadi solusi penurun kolesterol.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Anggur merupakan salah satu opsi cemilan sehat populer karena memiliki ukuran sekali gigit, rasa yang manis, tekstur yang garing, serta kaya akan sari buah. Di samping itu, anggur ternyata dapat memberikan efek positif bagi kesehatan pencernaan dan kadar kolesterol.

manfaat konsumsi rutin anggur ini disoroti dalam sebuah studi pada jurnal Nutriens. Para partisipan dalam studi diminta untuk menjalani pola makan rendah polifenol agar bisa menilai manfaat dari anggur dengan lebih baik.

Polifenol merupakan senyawa yang umumnya ditemukan dalam makanan berbasis tumbuhan yang dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Baca Juga: VIRAL Innalillahi Kabar Duka Syahrini, Siapa yang Meninggal?

Setelah empat pekan, partisipan diminta untuk mengonsumsi 46 gram bubuk anggur per hari. Jumlah ini setara dengan sekitar 1,5 cangkir buah anggur utuh.

Hasil studi menunjukkan bahwa anggur dapat memberikan efek yang bermanfaat bagi mikroba di dalam usus. Selain itu, kadar kolesterol darah para partisipan juga tampak menurun setelah mengonsumsi anggur.

"Ini merupakan kabar baik, mengingat usus yang sehat itu penting bagi kesehatan yang baik," pungkas peneliti Dr Zhaoping Li, seperti dilansir First For Women, Rabu (17/11/2021).

Baca Juga: 29 Daftar HP Samsung Terbaru 2021, Cek Harga dan Spesifikasi

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB
X