Berapa Lama Makanan Sisa Aman Disimpan di Kulkas?

- Rabu, 17 November 2021 | 08:20 WIB
[Ilustrasi] Hampir setiap rumah tangga pasti pernah menyimpan makanan sisa di kulkas. Berbagai makanan sisa itu bahkan bisa bertengger di kulkas sampai berhari-hari. Tapi kemudian pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai ketahanan dan keamanan makanan sisa itu? (Pixabay)
[Ilustrasi] Hampir setiap rumah tangga pasti pernah menyimpan makanan sisa di kulkas. Berbagai makanan sisa itu bahkan bisa bertengger di kulkas sampai berhari-hari. Tapi kemudian pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai ketahanan dan keamanan makanan sisa itu? (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hampir setiap rumah tangga pasti pernah menyimpan makanan sisa di kulkas. Berbagai makanan sisa itu bahkan bisa bertengger di kulkas sampai berhari-hari. Tapi kemudian pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai ketahanan dan keamanan makanan sisa itu?

Sebagai aturan umum, Ahli Gizi dari AS Samantha Cassetty mengungkapkan, makanan sisa aman dikonsumsi dalam tiga hingga empat hari jika disimpan dalam wadah kedap udara dan kulkas Anda disetelah tidak lebih tinggi dari 40 derajat fahrenheit.

"Menyimpan sisa makanan dalam wadah kedap udara di bawah 40°F pasti akan memperpanjang masa simpan, tetapi tidak selama yang Anda kira, maksimal 4 hari," kata Cassety seperti dilansir dari Well and Good, Rabu (17/11/2021).

Baca Juga: Link Download WhatsApp GB APK 2021 dan Fitur Lengkapnya, Bisa Kirim Pesan Terjadwal

Tetapi, sebelum menyimpan makanan sisa di kulkas, salah satu bagian terpenting yang perlu diperhatikan adalah berapa lama makanan tersebut berada di suhu ruangan. Jubir Food Safety and Inspection Service FDA Amanda Turney menyarankan, makanan yang mudah rusak seperti daging, telur, seafood dan lainnya harus didinginkan dan dibekukan dalam waktu dua jam setelah dimasak atau dibeli.

“Tapi dinginkan dalam waktu satu jam jika suhu tempat makanan berada di atas 90 derajat fahrenheit. Ini berlaku untuk piknik luar ruangan dan barbekyu," kata Turney.

Melakukan tes suhu kulkas dengan termometer adalah ide cerdas untuk menjaga ketahanan makanan yang sangat mudah rusak. Mengingat, suhu dingin di kulkas cukup bisa menangkal potensi bahaya seperti pertumbuhan bakteri. Sisa makanan harus disimpan di rak atas atau tengah, pastikan posisinya tetap terlihat saat membuka kulkas sehingga Anda tidak lupa memakannya.

Baca Juga: 28 Daftar HP Samsung Terbaru 2021, Cek Spesifikasi dan Harga

Jika Anda akan membekukan sisa makanan, ketahanan makanan itu bisa lebih lama bahkan hingga 3-4 bulan. "Meskipun aman tanpa batas waktu, sisa makanan yang dibekukan dapat kehilangan kelembapan dan rasa jika disimpan lebih lama di dalam freezer," kata Turney.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penyebab Serangan Jantung yang Sering Diabaikan

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:43 WIB

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB
X