3 Obat Mata Bintitan Alami, Mudah Ditemukan di Rumah

- Selasa, 16 November 2021 | 13:49 WIB
Ada banyak pilihan obat mata bintitan yang sederhana dan mudah ditemukan di rumah. Apa saja obat mata bintitan alami. ilustrasi (Shutterstock)
Ada banyak pilihan obat mata bintitan yang sederhana dan mudah ditemukan di rumah. Apa saja obat mata bintitan alami. ilustrasi (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ada banyak pilihan obat mata bintitan yang sederhana dan mudah ditemukan di rumah. Namun, obat mata bintitan alami ini hanya bisa digunakan untuk mengatasi kondisi mata bintitan yang ringan.

Bintitan merupakan benjolan seperti jerawat pada kelopak mata. Benjolan ini bisa terasa nyeri, memerah, dan membengkak, hingga menyebabkan mata berair.

Bintitan sering kali disebabkan oleh infeksi bakteri yang tumbuh di bagian akar bulu mata, bukan karena kebiasaan mengintip, seperti keyakinan banyak orang.

Baca Juga: 27 HP Samsung Terbaru 2021, Ini Daftar Harga dan Spesifikasinya

mengobati mata bintitan di rumah
Umumnya, pembengkakan pada bintitan hanya terjadi sekitar beberapa hari, sebelum akhirnya mengempis dan sembuh. Anda tidak dianjurkan untuk memencet mata yang bintitan, sebab hanya akan mengundang masalah lain.

Cairan yang keluar dari benjolan akan menyebarkan infeksi di sekitar lokasi bintitan. Memencet bintitan hanya boleh dilakukan oleh dokter atau petugas medis terlatih.

Alih-alih memencet bintitat, Anda bisa mencoba mengempiskan benjolan dengan berbagai obat mata bintitan berikut ini:

1. Kompres air hangat
Rendam handuk bersih yang sebelumnya direndam dalam air hangat. Peras hingga air tidak lagi menetes, lalu tempelkan handuk tersebut di lokasi bintitan.

Suhu hangat dari air akan membantu mengencerkan nanah di dalamnya dan mengempiskan bintitan secara alami. Anda dapat mengompres bagian mata dengan obat mata bintitan tersebut selama 10 menit, sekitar empat kali sehari.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X